Polda Papua Selidiki Rusaknya Jembatan Pikei

Senin, 12 Desember 2011 – 06:31 WIB
Nampak Jembatan Pikei di Wamena Kabupaten Jayawijaya yang patah, Kamis (8/12). Akibat patahnya jembatan ini, arus transportasi yang menghubungkan 5 kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua terputus. Foto:Muslimin/Cenderawasih Pos/JPNN

JAYAPURA - Polda Papua melalui Satuan Dir Reskrimsus hari ini, Senin (12/12) melakukan penyelidikan patahnya Jembatan Pikei di Wamena, Provinsi Papua

"Besok (hari ini) penyidik Subdit Tipikor akan berangkat ke Wamena untuk turun langsung ke Wamena untuk mencari tau apa penyebab jembatan tersebut rusak, apakah karena alam atau karena kontruksinya," jelas Dir Reskrimsus Kombes Pol Setyo Budianto kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (10/12).

Dir Reskrimsus yang didampingi oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Wachyono juga menyatakan pihaknya juga akan memintai keterangan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan jembatan tersebut.

"Yang pasti kontraktor, panitia pengadaannya, dan juga masyarakat sekitar untuk mengetahui apakah sebelumnya arus sungai deras, atau juga gempa, agar kita mengetahui nantinya apakah jembatan ini rusak karena apa," ungkapnya.

Yang jelas penyelidikan ini ingin mengetahui juga apakah usia jembatan ini rusak wajar atau tidak, dan pembuatannya sendiri seperti apa serta apakah ada kelalaian yang terjadi terhadap jembatan ini.

Setyo juga menyatakan jika nantinya ditemukan adanya indikasi terhadap penyimpangan, maka pihaknya akan meminta audit kepada intansi lain yang mengetahui jelas tentang pembangunan untuk mencari tau apakah spesifikasi bahannya sudah benar dan sesuai dengan speknya

BACA JUGA: Danramil Sinak Dibacok, Pistol Dirampas

"Yang jelas jika terjadi penyimpangan maka pihaknya akan meminta pertanggungjawaban oknum yang terlibat dalam pembangunan ini," ucapnya.

Penyelidikan ini juga ditambahkannya tidak jauh dari kepentingan dalam keselamatan masyarakat yang selama ini membutuhkan jembatan tersebut untuk melintas.

"Maka dari itu kami meminta kepada semua pihak nantinya kooperatif mendukung penyelidikan yang sedang berjalan, sehingga hasilnya nanti dapat segera diketahui, dan masyarakat juga tau apa yang menjadi penyebab pasti dari kerusakan jembatan tersebut," tegasnya
(ro/nan)

BACA JUGA: Warga Ancam Tutup Tambang Batu Bara

BACA JUGA: Pembuatan E-KTP Curang, Warga Mengamuk

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringati Korban 40 Ribu di Makassar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler