Polisi Sita 3 Kendaraan Operasional Komplotan Briptu Hasbudi

Jumat, 06 Mei 2022 – 23:59 WIB
Tiga unit speedboat milik Briptu Hasbudi yang berhasil diamankan Ditkrimsus Polda Kaltara. Foto : AKBP Hendy Febrianto Kurniawan.

jpnn.com, TARAKAN - Dirkrimsus Polda Kalimantan Utara (Kaltara) menyita tiga unit kapal cepat milik Briptu Hasbudi yang diduga kerap digunakan kaki tangannya untuk melakukan pengiriman barang-barang ilegal.

Diduga tiga unit kapal tersebut kerap digunakan untuk membawa barang-barang ilegal seperti pakaian bekas, daging hingga narkoba asal Malaysia.

BACA JUGA: Briptu Hasbudi Jalankan Bisnis Ilegal, Punya 17 Kontainer, Isinya, Wow!

Dirreskrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan tiga unit speedboat celebes milik Briptu Hasbudi itu diamankan Dirkrimsus pada Kamis (5/5) malam.

Bermula ketika petugas sedang melakukan pengecekan 17 kontainer berisikan pakaian bekas di Pelabuhan Malundung Tarakan.

BACA JUGA: AKBP Hendy Mengungkap Bisnis Ilegal yang Dijalankan Briptu Hasbudi, Ternyata

Saat itu AKBP Hendy menerima informasi intelijen bahwa anak buah Hasbudi sedang berupaya menyembunyikan tiga speed boat yang tengah sandar di Pulau Liagu Bulungan.

"Sekitar pukul 21.30 WITA, kami memperoleh informasi intelijen bahwa terdapat 3 speed boat celebes milik HSB(Hasbudi) yang kerab digunakan untuk angkut baju rombengan (bekas) diduga akan disembunyikan," ucapnya saat dikonfirmasi JPNN.com Jumat (6/5).

BACA JUGA: AKBP Hendy Beberkan Detik-detik Penangkapan Briptu Hasbudi di Bandara Juwata Tarakan

Informasi itu segera ditindaklanjuti dengan dilakukannya penyelidikan dan benar saja, di lokasi yang telah disebutkan terdapat tiga unit speedboat yang mau dibawa kabur.

Beruntung petugas lebih cepat tiba di lokasi tersebut, tetapi sayangnya motoris dan anak buah Briptu Hasbudi berhasil kabur. Dari tiga unit speedboat tersebut ditemukan 1 kunci dalam keadaan masih tertempel di kontak.

Sementara kunci dari dua speedboat lainnya berhasil dibawa lari dari kontaknya. Ketiga speedboat tersebut kemudian diamankan Dirkrimsus Polda Kaltara ke dermaga Polair Polres Tarakan.

"Kami kerahkan Tim Khusus melakukan penyelidikan. Para anak buah HSB berhasil melarikan diri, 2 speed tanpa kunci dan 1 speed ada kunci. Tiga speed milik HSB sudah kami amankan ke dermaga milik Polair Polres Tarakan," terangnya.

AKBP Hendy menyampaikan, tiga speedboat yang diamankan pihaknya itu diduga kuat kerap digunakan anak buah Briptu Hasbudi untuk membawa pakaian bekas dan daging ilegal yang diselundupkan dari Malaysia.

"Barang bukti tiga speedboat ini masih kami sita, namun belum kami pastikan apakah akan ikut kami bawa ke Polda di Bulungan atau dititipkan disini saja," terangnya.

Disinggung lebih lanjut proses pengamanan ketiga unit speedboat tersebut, AKBP Hendy menerangkan tidak sempat terjadi kontak senjata. Pasalnya anak buah Briptu Hasbudi memilih kabur duluan ketika melihat polisi dari kejauhan sedang menuju ke lokasi tersebut.

"Belum, belum sempat ada tembakan. Karena anak buahnya HSB langsung kabur. Karena kondisinya malam hari, kami perintahkan tim untuk lebih mementingkan keselamatan," bebernya.

Ditambahkannya, ada dugaan ketiga speedboat tersebut turut digunakan oleh anak buah Briptu Hasbudi untuk membawa narkoba jenis sabu-sabu asal Malaysia.

"Tetapi masih ada dugaan, kami selidiki lagi lebih lanjut. Karena masih ada beberapa lagi alat transportasi lain yang disembunyikan mereka," pungkasnya. (mcr14/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Belum Ungkap Semua Bisnis Gelap Briptu Hasbudi, Ada Apa Lagi?


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler