Polisi Tangani 697 Kasus Paedofilia

Selasa, 13 Mei 2014 – 15:31 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kasus paedofilia atau kekerasan seksual terhadap anak semakin menjadi-jadi. Mabes Polri mencatat sudah ratusan kasus paedofilia yang ditangani berbagai kepolisian daerah (polda).

Mabes Polri mencatat sejauh ini laporan kekerasan seksual yang ditangani polda-polda mencapai 697 kasus. "Tersangkanya 726 orang," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Agus Rianto, Selasa (13/5) di Mabes Polri.

BACA JUGA: Bos Indoguna Kena 27 Bulan Penjara

Menurutnya, dari kasus itu jumlah korban mencapai 859 orang. Hanya saja, korban terbagi dalam beberapa kelompok atau tak semuanya merupakan korban sodomi.

Dia mencontohkan kasus di Sukabumi, Jawa Barat dengan tersangka Andi Sobari alias Emon (24), jumlah laporan yang masuk ada 114 korban. Namun, yang jadi tindak pidana hanya 26 orang.

BACA JUGA: Susi Tur Pernah Tinggal di Rumah Akil Mochtar

Sedangkan lainnya diduga bukan korban sodomi. “Misalnya hanya diraba-raba dan disuruh menunjukkan saja,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, dari 697 laporan yang ditangani polda-polda, 305 kasus di antaranya sudah masuk tahap penyidikan. Sedangkan yang masih tahap penyelidikan ada 125 kasus, sementara yang sudah dinyatakan P21 100 kasus.

BACA JUGA: Mundur Jadi Menteri, Hatta Tunggu Permintaan Prabowo

Meski demikian polisi juga mencatat adanya 19 kasus yang dihentikan penyidikannya melalui SP3 (surat perintah penghentian penyidikan). Sedangkan 19 kasus lainnya justru dicabut oleh pelapornya.

Agus mengajak untuk bersama-sama saling bahu membahu menekan potensi dan kesempatan pelaku untuk melakukan perbuatannya. "Sehingga peristiwa seperti itu tidak terus bertambah," katanya.(boy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY : Jokowi Nonaktif sebagai Gubernur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler