Polisi Telisik Motif Penayangan Video

Kamis, 15 Desember 2011 – 17:25 WIB

JAKARTA - Polisi menyebutkan seorang warga yang dipenggal dalam video pembunuhan yang dibawa warga Lampung ke Komisi III DPR RI, Rabu (14/12),  merupakan Karyawan PT Sumber Wangi Alam (SWA)

Pernyataan ini jelas berbeda dengan klaim warga yang menyebut bahwa video tersebut merupakan tayangan pemenggalan petani di Lampung oleh petugas.

"Fakta dilapangan tidak ada pemenggalan dari polisi

BACA JUGA: Din Desak Amandemen UUD 1945

Yang ada pemenggalan dari warga terhadap karyawan PT SWA
Kita akan menyelidiki lebih lanjut maksud dan tujuan dari penanyangan video ini,’’ ujar Kabid Penum Div Humas Polri Kombes (Pol) Boy Rafli Amar di Mabes Pori Jakarta, Kamis (15/12).

Sebelumnya puluhan petani asal Lampung yang mengadu ke Komisi III DPR RI,Rabu (14/12) dengan membawa sebuah video  pembunuhan brutal terhadap seorang warga

BACA JUGA: PAN Masih Yakin Wa Ode Tak Bersalah

Video tersebut diklaim terjadi di kawasan perkebunan milik PT Silvia Inhutani, Mesuji, Lampung


Belakangan polisi memberikan klarifikasi bahwa video tersebut terjadi di areal PT

BACA JUGA: Polisi: Lima Pegawai Sawit Juga Dibunuh Warga

SWA, Kecamatan Mesuji, Ogan Kemering Ilir (OKI) Sumatera Selatan 21 April 2011 antara petugas pengamanan swakarsa dari PTSWA  warga Sungai Sodong terkait sengketa lahanDalam peristiwa tersebut dua warga  dinyatakan tewas.

Setelah bentrokan ini sekitar  400-an warga Sungai Sodong melakukan aksi balasan dengan menyerbu kamp perkebunan tersebutWarga yang marah datang menggunakan berbagai kendaraan menuntut balas atas tewasnya rekan mereka oleh pihak perkebunanMeski berhasil melarikan diri sejumlah pegawai perkebunan itu menjadi korban lima diantaranya tewasKlaim polisi disinilah video pemenggalan itu diambil.

‘’Itu paskaItu setelah kejadian itu setelah orang itu meninggal semua baru polisi yang lebih besar hadirPasca terjadi penyerangan dari kelompok masyarakat,’’ imbuhnya.

Atas peristiwa ini lima karyawan PTSWA yang diduga menganiaya dan membunuh warga dalam aksi pertama telah ditangkap dan kini tengah menunggu persidanganSementara dari pihak warga baru satu orang yang ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan lima pegawai PT.SWA ituDementara delapan rekannya masih bersetatus buron.

‘’Kalau nanti delapan ini ditangkap itu nanti akan mengungkap siapa yang memenggal,’’ tambahnyaSementara itu saat ini tim dari Mabes Polri telah ditugaskan untuk mengusut kasus iniBaik kasus sengketa lahan di Lampung maupun Sumatera Selatan.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lokasi Persembunyian Nunun Dilengkapi Kolam Renang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler