Polisi yang Tak Bawa Istri Disuruh Push Up

Sabtu, 04 Januari 2020 – 01:15 WIB
Tampak personel Polres Malinau membawa istri dan anak saat upacara korps raport kenaikan pangkat Polres Malinau, Senin (30/12). FOTO: AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

jpnn.com, MALINAU - Sebanyak 85 personel Kepolisian Resor (Polres) Malinau, Kalimantan Utara, mengikuti upacara korps raport kenaikan pangkat. Upacara yang digelar Senin (30/12) lalu di Mapolres Malinau itu dipimpin langsung Kapolres Malinau AKBP Agus Nugraha, SIK, SH, MH.

Usai pelaksanaan upacara, Kapolres bersama istri dan para pejabat utama Polres Malinau menyalami satu per satu personel Polres Malinau yang baru naik pangkat.

BACA JUGA: Pasutri Ini Ternyata Bandar Narkoba, Lihat nih Barang Buktinya

Dari 85 personel tersebut, ada yang sudah berkeluarga dan ada juga yang masih bujangan. Yang punya istri dan suami, diwajibkan membawa pasangannya beserta anak. Sedangkan yang masih bujangan, diwajibkan membawa orang tua atau perwakilan keluarga.

Namun, dengan berbagai alasan, ada beberapa orang yang tidak membawa istri, suami atau keluarga, sehingga mendapat hukuman untuk push up.

BACA JUGA: Iksan Ilahi Dihabisi karena Menjalin Hubungan Terlarang dengan Istri Pamannya

“Yang membawa istri atau suami, silakan saling berhadapan. Ucapkan terima kasih dan peluk mereka. Yang tidak membawa istri atau yang bujangan tidak membawa keluarga, sesuai perjanjian kemarin, silakan posisi push up. Peluk lapangan ya,” ujar Kabag Sumda Polres Malinau Kompol Parlagutan Simanjuntak melalui pengeras suara sambil disambut riuh para pesonel yang naik pangkat.

Pada kesempatan itulah, momen haru dan bahagia diperlihatkan oleh personel Polres Malinau yang naik pangkat beserta istri dan suami. Itu juga terlihat saat berpelukan bersama anak-anak mereka. Tak kalah seru, yang masih bujangan dan tidak membawa istri, juga dengan senang hati push up sambil didokumentasikan anggota lainnya.

BACA JUGA: Berita Duka, Iskandar dan Maymunah Meninggal Dunia dengan Tragis

Untuk sama-sama merasakan sukacita, Kapolres Malinau menggelar syukuran secara khusus dengan acara makan bersama untuk personelnya beserta anggota keluarga. Sebelum makan bersama, AKBP Agus Nugraha menyampaikan arahan dan sambutan kepada anggotanya.

“Saya selaku Kapolres Malinau beserta istri, mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat, semoga amanah,” ucap Kapolres.

Dikatakan Agus Nugraha, ada beberapa momentum yang harus personelnya ambil di dalam kenaikan pangkat ini. Yang pertama, jadikan kenaikan pangkat sebagai momentum untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena, tanpa rahmat, tanpa rida-Nya, belum tentu mereka bisa naik pangkat. Sebab, lanjutnya, mungkin masih banyak anggota yang lain belum bernasib baik yang harusnya naik pangkat, tapi tidak bisa naik pangkat.

“Jadikan momentum ini sebagai ungkapan syukur kita kepada Tuhan. Seperti apa implementasinya, mudah-mudahan dengan rekan-rekan naik pangkat, ketakwaan rekan-rekan juga semakin meningkat,” harapnya.

Kemudian yang kedua, sebut mantan Kasubdit Ditresnakoba Polda Kaltara ini, jadikan momentum kenaikan pangkat untuk bersyukur dan berterima kasih kepada organisasi dan kepada kesatuan. Karena mereka mendapatkan penghormatan, kebanggaan dan penghidupan tentunya dari organisasi mereka bernaung saat ini, khususnya kesatuan Polres Malinau.

“Jadikan kenaikan pangkat ini sebagai momentum untuk rekan-rekan semakin profesional, semakin disiplin dan semakin rajin di dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri,” pesannya.

Sedangkan yang ketiga, pesannya, jadikan momentum kenaikan pangkat ini sebagai ungkapan terima kasih kepada istri, suami atau orang tua bagi yang belum nikah. Karena, tanpa doa istri, suami dan tanpa doa orang tua belum tentu bisa naik pangkat.

Kapolres beralasan, kenapa saat kenaikan pangkat harus ada istri, suami dan keluarga, karena yang punya pangkat itu bukan diri pribadi personel saja, tapi yang punya pangkat itu adalah anak, istri, suami, atau orang tua bagi yang bujangan.

“Pangkat itu bukan hanya punya pribadi, tetapi juga milik keluarga. Jadi tolong hormati, hargai istri kita, hargai keluarga kita, anak kita, orang tua kita dengan menjaga amanah pangkat ini. Saya berharap, mudah-mudahan tidak ada rekan-rekan yang menyia-nyiakan kebanggaan dan anugerah Tuhan yang diberikan kepada kita,” tukasnya seraya mengingatkan tiga momentum yang ia tekankan.

Yaitu, bersyukur kepada Tuhan, berterima kasih kepada organisasi dan yang berterima kasih kepada istri, suami, anak maupun keluarga.

Sementara itu, Iptu Khaeruddin, mewakil personel Polres Malinau lainnya yang naik pangkat menyampaikan bahwa mereka tidak henti-hentinya senantiasa bersyukur atas kebesaran Allah SWT yang memberi anugerah, sehingga mereka mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

“Saya sebagai yang dituakan hari ini naik pangkat, mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Kapolres Malinau, bapak Wakapolres Malinau beserta seluruh senior-senior kami yang ada di Polres Malinau atas segala bimbingan arahan terhadap kami sehingga kami pada hari ini bisa mendapatkan keberkahan (naik pangkat) yang menurut kami luar biasa,” ucap IPTU Khaeruddin.

Atas nama anggota lainnya, IPTU Khaeruddin yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Malinau Selatan ini berharap agar Kapolres senantiasa tidak henti-hentinya memberikan bimbingan dan arahan kepada aia dan personel lainnya.

“Karena kami sebagai manusia biasa, tentu dari sisi manusia biasa tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan. Baik itu disengaja maupun tidak disengaja,” katanya.

Begitu pun juga kepada pengurus-pengurus Bhayangkari, sekiranya pihaknya mungkin ada kesalahan dalam bertindak maupun berbuat, baik secara keanggotaan maupun keluarga agar diingatkan dan ditegur untuk diperbaiki kalau memang itu berupa kesalahan atau kekhilafan.

“Tidak banyak yang bisa kami sampaikan, selain ucapan syukur kepada Allah SWT dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolres Malinau beserta Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Polres Malinau,” ucapnya mengakhiri penyampaian.

Terpisah, Kabag Sumda Polres Malinau Kompol Parlagutan Simanjuntak saat ditanya berapa jumlah personel Polres Malinau yang mendapatkan kenaikan pangkat reguler terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2020 menyebutkan bahwa ada 85 personel yang naik pangkat.

“Adapun personel Polres Malinau yang pada saat ini mereka dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi, antara lain, dari IPDA ke IPTU 1 orang. Ini adalah Kapolsek Malinau Selatan. Kemudian yang kedua, dari Bripka ke Aipda sebanyak 6 orang, Brigpol ke Bripka berjumlah 11 orang, Briptu ke Brigpol 7 orang, dan yang paling banyak dari Bripda ke Briptu itu 60 orang. Jadi jumlah keseluruhan 85 orang,” bebernya.

Terkait hukuman yang tidak membawa istri, suami atau keluarga pada saat kenaikan pangkat, Kabag Sumda menegaskan bahwa itu hanya sebuah tradisi saja, agar keluarga bersama hidup harmonis.

“Itu hanya tradisi saja. Supaya ke depan juga anggota itu menghadirkan istrinya kalau sudah punya istri. Karena istri ini juga sangat mendukung tugas suaminya. Jadi kami hadirkan memang istri, karena kebahagiaan ini kan bukan hanya untuk anggota tersebut. Termasuk juga istrinya, termasuk anak-anaknya, bahkan mungkin orang tuanya pun bangga kalau anaknya memiliki karir yang baik,” jelasnya. (***/fly)

VIDEO: Kekasih Irma Dharmawangsa Jalan Sama Cewek Lain


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler