Polres Inhil Buka Penitipan Kendaraan Warga yang Mau Mudik

Jumat, 05 April 2024 – 04:17 WIB
Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan. Foto: Polres Inhil

jpnn.com, INDRAGIRI HILIR - Polres Inhil mengimbau masyarakat yang mudik tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk menitipkannya di kantor polisi terdekat.

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan mengatakan hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman tanpa menggunakan kendaraan pribadi.

BACA JUGA: Pria Ini Ancam Anggota Polres Inhil Pakai Golok, Polisi Lepas Tembakan

Dia menjelaskan menjelang Idulfitri kewaspadaan lebih ditingkatkan dari hari-hari biasanya.

Oleh karena itu, Polres Inhil mengimbau kepada masyarakat untuk melapor ke pihak berwajib agar rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman.

BACA JUGA: AKBP Budi Siap Kerahkan Seluruh Personel Amankan Distribusi Logistik dan TPS di Inhil

Polres Inhil juga menyediakan hot line yang bisa dihubungi apabila masyarakat butuh bantuan untuk menitipkan kendaraan dan penjagaan rumah.

“Bagi rumah yang ditinggal mudik, agar melapor ke ketua RT/RW maupun Bhabinkamtibmas,” kata Budi, Kamis (4/4).

BACA JUGA: Menjelang Pergantian Jabatan, Pangkoarmada I Gelar Inspeksi ke Kapal Perang TNI AL

Dia mengingatkan hal tersebut agar tercipta sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Masyarakat diimbau untuk memeriksa rumah sebelum ditinggalkan dalam keadaan kosong seperti pintu, jendela, kompor, alat listrik.

Simpan barang berharga dan dokumen penting di tempat aman atau titipkan ke keluarga terdekat.

“Melapor ke Ketua RT/RW maupun Bhabinkamtibmas setempat supaya melakukan penguatan patroli untuk Personil Polri, serta aktifkan Siskamling ditempat masing-masing,” tambah AKBP Budi.

Budi juga menekankan bahwa Polres Inhil menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran atau Kamtibcar lalu lintas.

“Sebelum melaksanakan perjalanan jauh, pastikan kendaraan dalam keadaan baik, tidak membawa beban berlebih, serta patuhi peraturan dan tertib berlalu lintas,” tegasnya.

AKBP Budi mengajak masyarakat ketika akan mudik untuk memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan.

“Bila lelah dalam perjalanan silahkan beristirahat terlebih dahulu di rest area ataupun Pos Pam dan Pos Yan Kepolisian,” ujarnya.

Untuk diketahui, Polres Inhil akan mendirikan dua posko dalam Operasi Ketupat 2024 yakni, Posko Pelayanan di beberapa titik lokasi.

“Posko itu bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk sekadar beristirahat atau menikmati layanan kesehatan yang telah disediakan. Selalu update informasi dan berita seputar jalur mudik dan daerah yang akan dilalui melalui berbagai media sosial maupun media informasi lainnya,” ujar Budi. (mcr36/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... 13 Oknum TNI Diduga Lakukan Kekerasan di Papua


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler