Polresta Padang Menggagalkan Peredaran 14 Kg Ganja, 3 Pelaku Ditangkap

Senin, 12 Juni 2023 – 20:10 WIB
Wakapolresta Padang AKBP Ruly Indra Wijayanto menunjukkan barang bukti ganja dari hasil pengungkapan kasus Satuan Reserse Narkoba pada Senin (12/6/2023). ANTARA/Fathul Abdi

jpnn.com - PADANG - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, menggagalkan peredaran 14 kilogram ganja kering dari tangan komplotan pengedar yang ditangkap di Kota Padang pekan lalu.

“Narkoba jenis ganja ini rencananya akan diedarkan oleh pelaku di sejumlah wilayah di Kota Padang, namun kami gagalkan," kata Wakil Kepala Polresta Padang Ajun Komisaris Besar Polisi Ruly Indra Wijayanto saat merilis kasus tersebut di Mapolresta Padang, Senin (12/6).

BACA JUGA: Bea Cukai & BNN Gagalkan Peredaran Ganja di Banten, Tuh Lihat Barang Bukti yang Disita

Polisi turut menangkap tiga orang yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Saat ini, ketiga tersangka telah ditahan di Mapolresta Padang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

BACA JUGA: Pelajar jadi Kurir Ganja 4,8 Kg, Pemilik Narkoba Itu Ternyata

Ruly menjelaskan bahwa ketiga pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka itu berinisial AF, HB, dan DP.

Mereka memiliki peran berbeda dalam rantai peredaran narkoba jenis ganja.

BACA JUGA: Kurir Ganja 1,3 Ton Dituntut Hukuman Mati

"Tersangka HB berperan sebagai kurir untuk menjemput ganja ke daerah Penyabungan, kemudian dibawa ke Kota Padang," jelasnya.

Tersangka D berperan sebagai penampung ganja.

Adapun tersangka AF bertugas mengedarkan barang terlarang tersebut.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 Ayat 2 Juncto Pasal 111 Ayat 2 Juncto Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang Ajun Komisaris Polisi Martadius mengungkapkan penangkapan para pelaku penyalahgunaan narkoba itu dilakukan di sebuah rumah di Jalan Gajah Mada Nomor 12 A, Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Penangkapan berawal ketika tim operasional melakukan teknik pancing dan pembelian terselubung kepada pelaku AF. "Saat itu, tim menemukan barang bukti berupa ganja dengan berat sekitar setengah kilogram dari tangan AF," jelasnya. 

Tidak sampai di situ, polisi kemudian menginterogasi AF untuk menanyakan asal-usul ganja yang berada di tangannya.

"Dari hasil interogasi dan pengembangan itu akhirnya kami menangkap tersangka D dan HB berikut barang bukti ganja dengan berat total lebih dari tiga belas kilogram," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler