Polresta Pekanbaru Gagalkan Peredaran 73 Kg Ganja Kering untuk Pesta Tahun Baru

Senin, 19 Desember 2022 – 21:26 WIB
Kapoltesta Pekanbaru Kombes Pria Budi dan Tim Satresnarkoba Polresta Pekanbaru mengangkat 73 kg ganja kering yang disita dari 7 tersangka. Foto:Rizki Ganda Marito/JPNN.

jpnn.com, PEKANBARU - Satresnarkoba Polresta Pekanbaru menangkap tujuh orang pemasok narkoba jenis daun ganja kering seberat 73 kilogram yang diduga disiapkan pesta Tahun Baru 2023 di Jakarta.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi mengatakan anggotanya menangkap tujuh orang kurir daun ganja di dua lokasi dan waktu yang berbeda.

BACA JUGA: Antisipasi Kemacetan Besok, Satlantas Polresta Pekanbaru Berlakukan Pengalihan Arus

“Kami berhasil mengungkap peredaran 73 kilogram ganja, dan mengamankan tujuh tersangka dengan teknik undercover buy dan control delivery,” kata Kombes Pria Budi di Mapolresta Pekanbaru, Senin (19/12).

Perwira dengan melati tiga di pundaknya itu menjelaskan pengungkapan kasus itu dipimpin oleh Kasat Resnarkoba Kompol Manapar Situmeang.

BACA JUGA: Ferdy Sambo Tak Menyangka Rekaman CCTV Ini Bikin Skenarionya Ambyar

Awalnya pada Senin (5/12), anggotanya mendapat info peredaran narkotika di wilayah Air Hitam Kota Pekanbaru, dan langsung melakukan penyelidikan.

Pada lokasi itu, polisi menangkap  tersangka TBS alias Todo dan AH alias Asrul dengan barang bukti sabu-sabu beserta satu kilogram ganja.

BACA JUGA: 2 WN China Tewas dalam Kecelakaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Dari penangkapan itu kami lakukan upaya pengembangan ke sebuah rumah di Jalan Darma Bakti Ujung, di sana ditemukan 34 bungkus tanaman ganja dalam sebuah box," lanjut Pria Budi.

Hasil interogasi, didapati informasi puluhan tanaman ganja itu diperoleh dari tersangka AM yang masih dalam pengejaran.

Selanjutnya Tim dibagi menjadi dua bagian, satu untuk mengungkap tujuan pengiriman dan satu tim untuk mencari sumber pemasok.

"Kami bagi jadi dua tim, satu ke ke Padang Lawas dan satu tim ke Jakarta. Kami menggunakan teknik control delivery dan undercover buy," bebernya.

Pada Kamis (8/12), tim yang berangkat ke Padang Lawas berhasil menangkap tersangka SMM di Jalan Lintas Gunung Tua-Padang Sidempuan.

Sementara tim yang berangkat ke Jakarta menangkap tersangka AR, ASA dengan satu tersangka DPO inisial R.

"Tim Padang Lawas melakukan pengembangan ke Deda Huta Padang, di sana diamankan tersangka inisial AML dan MRN. Dari hasil penggeledahan didapati dua karung goni berisikan 38 paket besar ganja," ucapnya.

Berdasarkan interogasi terhadap tujuh orang yang ditangkap, diketahui bahwa puluhan kilogram ganja itu rencananya akan dikirim ke Jakarta untuk memasok kebutuhan menjelang pesta Tahun Baru 2023.

"Ini akan dikirim ke Jakarta. Diduga untuk pesta pergantian tahun. Kan, manedset masyarakat untuk bersenang-senang, dipasok ke Jakarta untuk bersenang-senang juga," ucap Budi. (mcr36/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polres Rohul Ungkap Pembunuhan Berencana Sadis, Ini Motifnya


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler