Polri Gelar Mutasi Lagi, Ada 3 Wakapolda Digeser

Senin, 26 September 2022 – 22:26 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo soal mutasi sejumlah pati Polri . Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap 41 anak buahnya yang memasuki masa purnatugas.

Perintah mutasi yang tertuang dalam dua surat telegram rahasia (STR) bernomor  ST/2044/IX/KEP./2022 dan ST/2046/IX/KEP./2022.

BACA JUGA: Ledakan Hebat Terjadi di Asrama Polisi, Mabes Polri Bereaksi Begini

Pada ST/2044/IX/KEP./2022 berisi mutasi terhadap 35 perwira tinggi atau pati Polri yang menjelang pensiun. Adapun ST/2046/IX/KEP./2022 berisi mutasi 30 polisi, termasuk lima pati yang purnatugas.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengonfirmasi info soal STR bertanggal  24 September itu.

BACA JUGA: Polri Ogah Usut Isu 3 Kapolda Menyokong Skenario Ferdy Sambo, Nih Alasannya

STR itu ditandatangani Asisten Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Wahyu Widada.

"Iya (ada mutasi anggota Polri, red), betul,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Senin (26/9).

BACA JUGA: Saat Jokowi Serahkan Bantuan USD 1 Juta, Lihat TW dan Kapolri Sampai Menunduk

Di antara 41 polisi yang masuk daftar mutasi ada Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Budi Siswanto yang segera pensiun. Posisi selanjutnya ialah perwira tinggi di Lemdiklat Polri.

Irjen Triwarno Atmojo yang sebelumnya Widyaiswara Utama Tk. I Sespim Polri juga terkena mutasi karena masa pensiun. Posisi barunya sama dengan Irjen Budi Siswanto.

Bintang dua lain di Polri yang terkena mutasi karena pensiun ialah Irjen Anang Syarif Hidayat yang menjabat Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri. Jabatannya selanjutnya sebagai pati staf ahli Kapolri.

Ada pula nama Irjen Juansih yang juga digeser dalam rangka pensiun. Jabatan lama dan barunya sama dengan Irjen Anang Syarif.

Polri juga menarik Irjen Sufyan Syarif yang bertugas di BNN. Posisi selanjutnya ialah pati Bareskrim Polri  dalam rangka pensiun.

Adapun bintang satu di kursi wakapolda yang masuk dalam daftar mutasi, yakni Brigjen Rudi Pranoto, Brigjen Haryanto, dan Brigjen Agus Kurniady Sutisna.

BACA JUGA: Arief Poyuono Minta 3 Kapolda dan Mantan Kapolri Diperiksa Terkait Kasus Ferdy Sambo

Brigjen Rudi Pranoto yang sebelumnya Wakapolda Kepri digeser menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Penggantinya di kursi Wakapolda Kepri ialah Brigjen Agus Suharnoko yang sebelumnya penyidik utama tingkat II di Bareskrim Polri.

Adapun Brigjen Haryanto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim) dipindah menjadi pati di polda yang sama. Posisinya digantikan oleh Brigjen Mujiyono yang sebelumnya Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

Syahdan, Brigjen Agus Kurniady Sutisna yang sebelumnya Wakapolda Aceh dijadikan pati di polda yang sama dalam rangka pensiun. Penggantinya di kursi wakapolda ialah Brigjen Syamsul Bahri.(cr3/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler