Polri Harap Kritik dari Wartawan demi Pelaksana Pemilu 2024 yang Damai

Jumat, 07 Juli 2023 – 16:53 WIB
Polri bersama awak media menggelar Seven Soccer Bhayangkara Presisi Cup 2023 dalam rangka perayaan Hari Ke-77 Bhayangkara. Foto: Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Polri dan wartawan menyepakati pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan damai. Gagasan itu mengemuka saat Polri bersama awak media menggelar Seven Soccer Bhayangkara Presisi Cup 2023 dalam rangka perayaan Hari Ke-77 Bhayangkara.

Acara ini dibuka oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, dan awak media di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Jumat (7/7).

BACA JUGA: Dekat dengan Jokowi, Prabowo Subianto Bakal Mulus Maju di Pilpres 2024

Dalam sambutannya, As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Divisi Humas, SSDM Polri m, dan para awak media, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara.

"Acara kolaborasi antara Polri dan para teman-teman media juga kami rutin gelar pada tahun-tahun sebelumnya," kata Dedi.

BACA JUGA: Setelah Joman, Projo Diprediksi Bakal Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Dedi menuturkan para wartawan bersama Humas Polri merupakan sahabat yang tak terpisahkan dan saling mendukung satu sama lain. Bahkan, eks Kadiv Humas ini menyampaikan para wartawan bisa membuat Polri menjadi lebih baik dengan kritikan dan masukannya.

"Kapolri selalu menekankan kepada kita bahwa Polri salah satu tugasnya mendengarkan apa yang menjadi keluhan masyarakat. Polri juga harus mendengarkan masukan kritik maupun apa pun namanya dalam rangka perbaikan Polri ke depan kami harus lebih banyak mendengarkan, membuka diri, tidak membuat sekat-sekat, tidak menutup-nutupi sepanjang semuanya bisa dikomunikasikan dengan baik," katanya.

BACA JUGA: Koalisi Parpol Yakin Ganjar Pranowo Menang di Pilpres 2024

Dedi bercerita saat dirinya berdinas di Divisi Humas Polri menjabat sebagai Karopenmas. Pada saat itu, Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu 2019.

Pada saat itu, dia mengakui terjadi polarisasi hingga kampanye hitam. Untuk itu, dia berharap dengan kolaborasi antara Polri dan wartawan, maka Pemilu 2024 mendatang akan meminimalisasi hal-hal tersebut.

"Pesta demokrasi ini adalah pesta seluruh rakyat Indonesia, artinya masyarakat Indonesia bersuka ria menghadapi situasi pemilu. Menghadapi pesta demokrasi jangan lagi diisi dengan hal-hal yang justru memecah belah bangsa," katanya.

Dedi mengatakan kedekatan antara dirinya dengan teman-teman media akan pernah hilang. Menurutnya, teman-teman media adalah bagian dari keluarga besarnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menyampaikan teman-teman media adalah mitra strategis Polri dalam menjalankan tugas pokok. Dengan terselenggaranya acara ini, dia berharap hubungan antara Polri dan wartawan akan semakin lebih baik.

"Yang selama ini sudah berjalan dengan baik kami jaga bahwa kita (Polri) dengan teman media adalah mitra strategis, sahabat dan teman sejati," katanya.

Bahkan, dia menuturkan, kepercayaan Polri yang meningkat tak lepas dari peran teman-teman media yang selalu mendukung dan memberikan kritikan terhadap Polri agar menjadi lebih baik.

"Sampai dengan terakhir kemarin 1 Juli, trust Polri bisa meningkat dari 73,6 menjadi 76,4. Itu semua adalah hasil kerja keras dari kita semua, dari teman media, dan seluruh anggota," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Seven Soccer Bhayangkara Cup 2023 Taufik mengucapkan terima kasih kepada As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo dan Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho atas terselenggaranya acara ini.

Menurutnya, momentum Hari Bhayangkara ini merupakan saat yang tepat untuk menguatkan hubungan yang sebelumnya sudah terjalin antara Polri dan Media. Apalagi, kata Taufik, ke depan Indonesia memasuki satu agenda Nasional penting yakni Pemilu 2024.

"Kami tahu bersama Pemilu 2019 itu momen yang paling melelahkan karena gesekannya begitu kuat di masyarakat. Kami sepakat dengan pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa Polri harus berperan menjadi cooling system di masyarakat," katanya.

Taufik juga menyampaikan tugas media memberitakan peristiwa yang terjadi. "Untuk bisa sinergi, jelas butuh saling mengenal, dan untuk mengenal butuh komunikasi. Lewat wadah inilah kami harap itu bisa tercapai," ujarnya. (Tan/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Projo Kuatkan Posisi Capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler