Polri Harus Berani Usut Tragedi Gintung

Senin, 30 Maret 2009 – 17:12 WIB
JAKARTA – Tragedi jebolnya tanggul Situ Gintung, Jumat (27/3) lalu, hingga menewaskan 99 warga dan hilang sekitar 102 orang jangan hanya disikapi sebagai musibah yang semuanya datang dan kembali kepada TuhanPihak berwenang seperti Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus berani melakukan penyelidikan terhadap sisi kemungkinan adanya unsur-unsur pidana.

“Kejadian ini jangan melulu dilihat sebagai musibah biasa lalu menyerahkannya kepada kekuasaan Tuhan

BACA JUGA: PU Drop Air Bersih ke Gintung

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) perlu melakukan penyelidikan terkait kemungkinan adanya unsur-unsur pidana di sana,” kata pakar kriminologi Universitas Indonesia (UI), Prof Adrianus Meliala, di Jakarta, Senin (30/3).

Adrianus menduga ada indikasi bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) atau lembaga terkait di Jakarta dan tingkat pusat yang lalai memelihara tanggul tersebut.

“Dari beberapa sumber di tempat kejadian peristiwa terungkap bahwa sebelum tanggul itu jebol beberapa anggota masyarakat yang tinggal disekitar kawasan Situ Gintung telah memberikan laporan ke Pemprov Banten soal kondisi waduk Situ Gintung,” kata Adrianus.

Laporan anggota masyarakat tersebut, lanjut Adrianus Meliala, tidak dihiraukan pemerintah setempat
“Lalai dalam merespon laporan masyarakat dan bersikap membiarkan objek laporan dapat menjadi pijakan awal membawa tragedi ini ke ranah hukum.”

Jika saja peristiwa sejenis terjadi di luar negeri, ini sangat-sangat sensitif dan sanksinya sangat berat, jika terbukti telah terjadi pembiaran atau salah urus, kata Kriminolog dari UI itu.

Dia menyarankan kasus “Situ Gintung” mestinya harus mendapat perhatian serius dan banyak pihak terutama Polri, untuk berani melakukan penyelidikan atas kemungkinan adanya unsur-unsur pidana di balik musibah yang menewaskan manusia-manusia Indonesia itu, saran Adrianus Meliala lagi

BACA JUGA: IPW Desak Polri Usut Tragedi Situ Gintung

BACA JUGA: Walhi Desak Pemerintah Perhatikan Alih Fungsi Lahan

(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sebanyak 189 Situ di Jabotabek Aman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler