Polri Ungkap Kendala Sidang Etik 3 Tersangka Obstruction of Justice Kasus Pembunuhan Brigadir J

Rabu, 21 September 2022 – 14:00 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo soal sidang etik tiga tersangka obstruction of justice kasus pembunuhan Brigadir J. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA -  Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan pihaknya tidak pengin menunda-nunda sidang etik tersangka obstruction of justice atau merintangi penyidikan kasus pembuhan Brigadir J

“Polri maunya kasus ini secepat mungkin dituntaskan,” kata Irjen Dedi di Mabes Polri, Rabu (21/9).

BACA JUGA: Kompolnas Minta Polri Fokus Tuntaskan Sidang Etik Tersangka Obstruction of Justice

Dari tujuh tersangka obstruction of justice, empat di antaranya sudah menjalani sidang etik dan diberi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau pemecatan sebagai anggota Polri. 

Keempatnya ialah Irjen Ferdy Sambo, Kombes Agus Nupatria, Kompol Baiquni Wibowo, dan Kompol Chuck Putranto.

BACA JUGA: Sidang Etik Terkait Kasus Ferdy Sambo belum Tuntas, Polri Bantah Mengulur-ulur Waktu

Sementara, tiga tersangka lain, yakni Brigjen Hendra Kurniawan, AKBP Arif Rahman, dan AKP Irfan Widyanto belum menjalani sidang etik di Komisi Kode Etik Polri (KKEP). 

Irjen Dedi menegaskan Polri tidak pernah mencoba menunda sidang etik ketiga tersangka itu. Dia menjelaskan bahwa ada beberapa kendala yang membuat sidang tiga tersangka tersebut terkesan lamban.

BACA JUGA: Kalimat Menohok Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J buat Ferdy Sambo, Anggota Polri juga Harus Baca

"Kendala-kendala nonteknis dari saksi sakit tidak mungkin dipaksakan, tidak mungkin dia dihadirkan dalam kondisi sakit," ujar Dedi.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) itu mengatakan majelis KKEP terlebih dahulu menanyakan kondisi saksi sebelum sidang etik dimulai. 

"Kemudian, dalam pemeriksaan pasti akan ditanyakan oleh hakimnya, apakah ada dalam kondisi sehat jasmani maupun sehat rohani. Itu sebagai syarat formal yang harus ditanyakan pertama kali," tutur Dedi Prasetyo.

Dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Tim Khusus Polri telah menetapkan lima tersangka, yakni Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi. (cr3/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler