Pos Polisi Dibakar

Jumat, 25 November 2011 – 06:30 WIB
Pendemo merusak dan membakar fasilitas umum yang berada di sepanjang jalan Engku Putri Batam Centre, Kamis (24/11). Demo yang dilakukan ribuan buruh ini menjadi anarkis dan mulai merusak dan membakar fasilitas umum. Foto: M Noor Kanwa/Batam Pos

BATAM - Demo menuntut kenaikan UMK 2012 melebarBelasan pos polisi jadi ajang pelampiasan belasan ribu buruh, Kamis (24/11) pukul 14.00 WIB

BACA JUGA: Polisi dan Pekerja Saling Sweeping



Aksi bakar dan rusak pos polisi oleh ribuan buruh tersebut disebabkan karena kekesalan mereka yang tak bisa mengambil motor yang diparkirnya dekat Pemko Batam
Apalagi ribuan polisi yang berjaga dan saling kejar-kejaran dengan pendemo tersebut melampiaskan kekesalannya dengan merusak hampir seluruh motor pendemo yang diparkir dekat tkp dengan pentungan yang dibawanya.

Usai kabur karena dikejar polisi serta satpol PP, pendemo mencari pelampiasan kekesalan degnan memecahkan kaca pos polisi di simpang Gelael, Dutamas, simpang kabil, serta simpang jam

BACA JUGA: Plat Merah Jadi Sasaran, PNS Diliburkan

Polisi baru tahu kalau pendemo merusak pos setelah memukul mundur pendemo
"Semua titik pos itu dirusak dan dibakar

BACA JUGA: Batam Siaga Satu

Tak ada satupun polisi di sana," ujar Intel dari Yonif Tuah Sakti 134 Batam.

Tak lama, ratusan polisi bergerak ke lokasi mengendarai motor serta lori patroli menuju pos Simpang KabilBelum sempat berhenti, beberapa polisi yang berboncengan langsung loncat dan turun mengeluarkan pistol dan menembakkannya ke atas sebagai peringatanPolisi sempat menangkap satu pengendara motor yang kebetulan melintas depan pos kabilIa dikeroyok polisi dan sempat kena pentungan dikepalaTak lama, polisi melepaskannya.

Ternyata tak hanya pos polisi saja yang dirusakMobil dinas perhubungan Batam berplat merah yang sudah hangus dibakar massa pendemo, teronggok persis di badan jalan dekat lampu merah pos polisi kabilNamun, saat polisi datang, para pendemo sudah kabur bergerak ketempat lainnya.

Tak mendapatkan pelakunya, polisi bergerak ke simpang jamPos polisi yang ada disitu pun tak luput dari pengrusakan oleh massa pendemo jugaSempat terjadi kemacetan karena beberapa polisi yang sudah lelah dan kesal oleh ulah pendemo menangkap pengendara yang memakai pakaian kerja (wearpack), dan langsung memukulnya

"Ampuun paak? Saya tak tahu menahu soal demoSaya baru pulang dari kerja saya di Batuampar," ujar salah satu pengendara yang ditangkap polisi.

Sebelum dilepas, mereka sempat terkena pukulan dan pentungan juga dari anggota polisi yang sudah lelah dan kesal"Beranimu cuman dari jauh dan main keroyokan ya? ujar salah satu polisi yang mengejar pembakar pos.

Tak lama, mereka bergerak ke Baloi, Nagoya serta JodohDari penelusuran dan pengejaran, nampak seluruh pos polisi hancur pintu dan kaca-kacanyapos tersebut diantaranya, simpang Indosat, Simpang Apartemen Harmoni, Simpang Graha Sulaiman, Simpang Lippo, serta simpang Jodoh sebelah BCA.
 
Disimpang Graha sulaiman tak hanya pos yang dirusak massa pendemoMobil Kijang plat merah BP 1029 C pun jadi sasaran pengrusakan amuk pendemoMobil tersebut seluruh kacanya dipecah, namun tak dibakar seperti di simpang kabil.

Saat rombongan polisi mencari pendemo, banyak warga yang menyaksikan mengatakan, pendemo sudah lari kearah BatuamparDikejar kesanapun, tak nampak satupun massa pendemo berada diwilayah Batuampar.

Sebelum massa pendemo kabur dari Pemko, ada satu motor milik satpol PP yang terparkir dilapangan engku putri, dibawa keluar, ditaruh pinggir jalan dan dibakar

Beruntung, saat massa pendemo merusak dan membakar mobil, tak satupun polisi jadi korbanMereka memilih kabur sebelum pendemo datang menyerang.

Di pos polisi Simpang Kabil, plang pos polisi hancur dan kaca dirusak pendemoSatu unit kendaraan patroli yang sedang parkir di depan pos langsung dibakar para pendemoSatu unit sepeda motor Yamaha Mio dengan BP 5062 FN tercebur ke parit di bawah pos polisi didorong para demonstranSatu unit Vixion dengan nomor polisiBP 4613 juga dirusakBody kenderaan tersebut dihancurkan dengan benda keras.

Anto, seorang saksi mata yang sedang berada di sana saat kejadian berlangsung mengatakan puluhan berpakaian wearpack seketika turun dari motor dan langsung bertindak anarkis."Saya kaget bang, mereka langsung menuju pos polisi sambil berteriak dan langsung membakar mobil itu,"katanya.

Tidak sampai disitu, pos polisi lampu merah Muka Kuning tidak luput dari amukan demonstranPos polisi itu dibakar beserta satu unit kendaraan roda dua yang parkir di samping pos tersebutSejumlah benda keras dan batu berada di dalam pos, benda inilah yang digunakan para demonstran menghancurkan pos sebelum membakarnya.

Mobil dinas plat merah pun dibakarMobil anggota DPRD Provinsi Kepri Ahars Sulaiman Toyota Innova BP 40 A yang dikendarai istri dana anaknya, tidak luput dari amukan massaMobil BP 40 A dibakar di jalan raya simpang Dam

Siska, seorang saksi mata yang saat itu sedang menunggu angkot mengaku melihat puluhan pekerja galangan kapal langsung menghentikan mobil tersebut dan langsung membakarnya"Mereka berteriak-teriak minta mobil itu supaya dibakarKejadiannya berlangsung sangat cepat, mobil itu sudah hangus terbakar,"katanya.

Tidak lama berselang dua unit pemadam kebakaran beserta puluhan personil dari Mako Brimob Polda Kepri datang untuk mengamankan situasiKemacetan yang terjadi karena dibakarnya mobil tersebut seketika bisa pulih kembali.

Selain itu satu unit mobil pick up milik dinas perhubungan kota batam bagian penerangan jalan umum dengan nomor polisi BP 8002 C juga dirusak massa persis di u turn atau belokan Dam Muka KuningKaca mobil tersebut hancur, bodinya juga rusak berat.

Pos polisi MKGR Batuaji juga dibakar pendemoKebakaran itu tidak berlangsung lama karena segera dipadamkan tetapi kaca pos tersebut hancur berantakan

Sebuah mobil Kijang Krista milik warga yang diparkir di pos polisi simpang dam pun dibakarTak ketinggalan pos polisi itu ikut dibakarPetugas pemadam berusaha memadamkan api yang melahap kantor polisi Simpang Dam.

"Mobil ini kadang parkir di sini, kadang di BatamindoTapi waktu ke sini, mobil Kijang Krista yang saya pakai untuk berjualan dibakar," kata Surdawati pemilik mobil Kijang Krista yang dibakar demonstran sambil terduduk lesu di kursi kayu di depan pos polisi simpang dam, kemarin sore.   

Peristiwa pembakaran pos Polantas itu menarik perhatian wargaMereka memilih berhenti dan mengabadikan detik-detik pos Polantas yang terbakarPekerja yang berjalan kaki tidak mau ketinggalan, mereka juga memfoto momen pos Polantas yang dibakar"Jarang dapat momen seperti ini, jadi ya difoto saja," kata salah seorang pengendara motor yang memilih berhenti kemudian membidikkan kamera ponselnya, Kamis (24/11) sore

Peristiwa itu membuat lalu lintas macetBeruntung aparat TNI Angkatan Darat (TNI AD) membantu mengatur lalu lintasTidak lama, enam mobil Brimob beriringan dengan suara sirene meraung-raung datang ke simpang damMereka mengatur lalu lintas sebentar, kemudian putar arah ke arah BatuajiSebelumnya, dikawal mobil Brimob, mobil pemadam kebakaran memadamkan api di pos polisi simpang Panbil.

Pengelola kawasan industri Batamindo menutup semua pintu gerbang masukDi setiap gerbang masuk dipasang kawat berduri dan dijagai ketat oleh anggota Yonif 134 Tuah Sakti.

Pantuan Batam Pos (grup JPNN) memang masih ada banyak pekerja yang tetap kerja di dalam kawasan ituSehingga mereka mendapat pengawalan ketat petugas sekuritiHal itu dilakukan untuk menjaga adanya tindakan anarkis dari peserta pengunjuk rasa.

Begitu juga kawasan Panbil MallMelihat kejadian itu, pintu masuk kawasan Panbil Mall juga di tutupDi kawasan industri Panbil, pihak securiti hanya membuka setengah gerbang saja dan dijaga ketat petugas keamanan.

Sama halnya di perusahaan galangan kapal di TanjunguncangSeluruh perusahaan di sana hanya membuka setengah gerbang"Masih ada yang kerja jadi kami sarankan agar buka hanya setenga," kata Kapolsek Batuaji Kompol Jamaluddin(gas/hda/cr15/eja)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buruh Beraksi Lagi, Pos Polisi Dibakar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler