PPDS Undip Menjalin Kerja Sama dengan RSWN Semarang

Jumat, 11 Oktober 2024 – 18:45 WIB
PPDS Undip kerja sama dengan RSWN Semarang tentang peningkatan kualitas pendidikan dokter spesialis dan sub spesialis di RSUP Dr Kariadi. Foto: Humas Pemkot Semarang.

jpnn.com - SEMARANG - Rumah Sakit Daerah (RSD) KRMT Wongsonegoro Kota Semarang menjalin kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) terkait peningkatan kualitas pendidikan dokter spesialis dan subspesialis.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak, di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi, Senin (7/10) lalu.

BACA JUGA: Pembekuan PPDS Penyakit Dalam Unsrat Menuai Sorotan, Sikap Kemenkes Dipertanyakan

Dalam perjanjian, RSWN akan menjadi RS pendidikan satelit Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan subspesialis untuk FK Undip hingga 2027.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan kerja sama peningkatan kualitas pendidikan dokter spesialis ini akan mencetak tenaga kesehatan yang andal.

BACA JUGA: PPDS Anestesi Undip Segera Dibuka Kembali, Rektor Suharnomo: Alhamdulillah, Ini Ada Hikmahnya

"Kami matur nuwun (terima kasih, red) karena kita tahu bahwa RSWN membutuhkan calon-calon dokter spesialis yang andal, sehingga transfer ilmu dari PPDS FK Undip sangat kita butuhkan," kata Mbak Ita, panggilan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Direktur Utama RSWN Kota Semarang Eko Krisnarto menyampaikan bahwa kerja sama tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan RS dalam memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Pascakematian dr Aulia Risma, Rektor Undip & RS Kariadi Lakukan Perbaikan PPDS

"Selain itu juga mengampu rumah sakit yang ada di Kota Semarang. Dengan begitu, nantinya kami bisa berbagi beban pendidikan dan beban pelayanan. Jadi, tidak hanya berpusat di satu rumah sakit saja," kata Eko.

Dekan FK Undip, Yan Wisnu Prajoko memberikan apresiasi kepada Mbak Ita atas penandatanganan kerja sama tersebut.

Menurut Yan, hal itu sangat diperlukan untuk meningkatkan indeks kesehatan sekaligus performa RS yang ada dalam jejaring tersebut.

"Pemkot Semarang khususnya Bu Wali sudah menunjukkan dukungan terhadap dunia pendidikan, khususnya pendidikan kesehatan," katanya.

Rektor Undip Semarang Suharnomo mengatakan kerja sama dengan rumah sakit satelit tersebut juga bagian dari upaya  melakukan perbaikan kualitas pendidikan dokter pasca-kematian dr Aulia Risma Lestari. (mcr5/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler