PPK Diminta Aktif Ajak Generasi Z Peduli Pilkada 2024

Kamis, 10 Oktober 2024 – 13:08 WIB
Tangkapan Layar - Contoh konten dari salah satu PPK di Kabupaten Karimun yang aktif menggunakan media sosial. (ANTARA/Amandine Nadja).

jpnn.com - BATAM - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diminta aktif mengajak generasi Z untuk peduli pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, Kepulauan Riau, bahkan mewajibkan PPK di setiap kecamatan untuk menarik perhatian Gen Z. Caranya, antara lain aktif memanfaatkan media sosial terkait informasi Pilkada 2024.

BACA JUGA: Pengamat Nilai Pencalonan Lucianty Membawa Sentuhan Kepemimpinan Baru di Muba

"Setiap PPK di 14 kecamatan diwajibkan membuat media sosial, baik di Instagram maupun Facebook. Semua kegiatan diunggah di sana, mulai dari rapat koordinasi, aktivitas monitoring, kegiatan yang mereka laksanakan,” ujar Kepala Divisi (Kadiv) Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Karimun Suhermita saat dihubungi di Batam, Kamis (10/10).

Suhermita mengatakan bahwa pembuatan akun media sosial juga bertujuan untuk meningkatkan transparansi kerja PPK di masyarakat.

BACA JUGA: Soroti Potensi Politik Uang Terhadap Penyelenggara Pemilu, KIPP: Kecurangan Paling Efektif di Pilkada 2024

“Dari pihak KPU kami menyemangati dengan membagi souvenir seperti mug, gelas dan gantungan kunci pada panitia,” ucapnya.

Dia menambahkan dengan adanya media sosial aktivitas PPK akan lebih terlihat oleh publik, terutama oleh generasi Z yang aktif menggunakan platform-platform tersebut.

BACA JUGA: Jaga Keamanan Jelang Pilkada, Polres Rohil Fokus Pengamanan di TPS Rawan Konflik

“Supaya lebih terlihat aktivitas PPK di setiap kecamatan apa saja. Anggota PPK yang mungkin lebih muda juga bisa ikut membuat konten menarik di akun tersebut,” katanya.

Contohnya, akun Instagram PPK Kecamatan Tebing (@ppktebing) secara rutin mengunggah seluruh kegiatan mereka di Instagram, sehingga masyarakat dapat mengetahui aktivitas mereka dengan jelas.

Hal ini juga sebagai upaya untuk memperkuat sinergi antara KPU, PPK, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada, termasuk nanti saat dilantiknya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Dengan banyaknya pihak yang bekerja di setiap kecamatan, media sosial akan memudahkan penyebaran informasi terbaru," tutup Suhermita.

Pilkada 2024 di Kabupaten Karimun diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Iskandarsyah dan Rocky Bawole sebagai nomor urut 1, Firmansyah dan Ery Suandi sebagai nomor urut 2, dan pasangan Bakti Lubis dan Raja Bakhtiar sebagai nomor urut 3. (Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepala Daerah Hasil Pilkada 2024 di Kawasan Danau Toba Harus Mampu Kembangkan Pariwisata dan Pertanian


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler