PPLN Kuala Lumpur Bantah Ada Intervensi BIN dalam Proses Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024 – 12:48 WIB
Ilustrasi - Warga saat mengikuti pencoblosan Pemilu/ Pilpres. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - Ketua PPLN Kuala Lumpur Umar Faruk membantah sejumlah informasi hoaks yang beredar di media sosial.

Informasi itu seperti video-video viral terkait isu pencurian surat suara, penyuapan pihak POS Malaysia, dan keterlibatan pejabat pemerintah dalam memanipulasi Pemilu 2024.

BACA JUGA: Aliansi Mahasiswa Peduli Pemilu Adukan PPLN Kuala Lumpur ke DKPP

"Itu semua tuduhan yang tidak berdasar dan dilakukan oleh oknum tertentu yang memiliki kepentingan dalam Pemilu 2024," kata Umar Faruk dalam keterangannya dikutip Rabu (14/2).

Dia menegaskan PPLN secara intens melakukan komunikasi dengan KPU RI serta telah mengklarifikasi isu-isu hoaks yang beredar di media sosial tersebut.

BACA JUGA: Anies Baswedan Optimistis Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024

Umar juga membantah adanya keterlibatan anggota BIN atas nama Hermanto yang dituduh mengintervensi PPLN maupun Panwaslu KL dalam proses tahapan Pemilu

“Tuduhan tersebut sengaja dilakukan oleh oknum-oknum tertentu untuk mendiskreditkan BIN sebagai lembaga pemerintah,” ucapnya

BACA JUGA: Pengadaan Jet Tempur Mirage Diduga Malaadministrasi, Menhan Prabowo Diadukan ke Ombudsman RI

Sebagai informasi, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono juga merespons video beredar yang menuduh adanya intervensi intelijen dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Kuala Lumpur.

“Daftar pemilih ditetapkan berdasarkan hasil rapat Pleno PPLN Kuala Lumpur,” jelasnya.

Selain PPLN Kuala Lumpur, rapat pleno ttersebut juga dihadiri perwakilan partai politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) Kuala Lumpur.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa secara keseluruhan, situasi Pemilu di Kuala Lumpur berjalan dengan baik. PPLN Kuala Lumpur sudah menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya.

Para Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia telah melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) World Trade Center (WTC) di Kuala Lumpur. (esy/jpnn.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler