PPN Gelar Aksi Bersih Sungai Ciliwung dan Kibarkan Bendera 79 Meter

Selasa, 20 Agustus 2024 – 21:36 WIB
Pertamina Patra Niaga menggelar aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung dan pengibaran bendera sepanjang 79 meter. Foto: PPN.

jpnn.com - DEPOK - PT Pertamina Patra Niaga (PPN) melakukan aksi nyata dalam merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia dengan membersihkan Sungai Ciliwung dari sampah.

Selain itu PPN juga mengibarkan Bendera Merah Putih sepanjang 79 meter.

BACA JUGA: PPN Luncurkan Program Bagimu Negeri Kami Berbagi Bantu Pendidikan di Wilayah 3T

Kegiatan ini merupakan bagian dari Festival Ciliwung 2024, yang dilaksanakan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan.

BACA JUGA: PPN dan SKK Migas Tandatangani Nota Kesepahaman Demi Memenuhi Target Nasional

Aksi bersih-bersih sungai diikuti ratusan peserta. Sampah yang diangkat mencapai 1,65 ton dari aliran Sungai Ciliwung.

Selain itu pengibaran bendera sepanjang 79 meter menjadi simbol kebanggaan dan semangat kemerdekaan yang diwujudkan dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

BACA JUGA: PPN Bentuk Satgas Pastikan Distribusi BBM dan LPG ke IKN Terpenuhi

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari menyatakan kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan prinsip environment, social, & governance (ESG) yang diimplementasikan perusahaan, serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kami ingin menjadikan momentum HUT ke-79 RI ini sebagai kesempatan untuk berkontribusi langsung kepada lingkungan dengan membersihkan sungai dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai bagi generasi mendatang," ucapnya.

Direktur Pengendalian Pencemaran Air, Direktorat PPKL KLHK, Tulus Laksono, mengapresiasi inisiatif Pertamina Patra Niaga dalam kegiatan ini.

“Aksi ini merupakan bagian dari program Festival Ciliwung 2024. Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut dan membawa manfaat yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” kata Tulus.

Festival Ciliwung 2024 ini melibatkan berbagai elemen masyarakat termasuk sukarelawan, pelajar dan komunitas peduli lingkungan.

Semuanya berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian Sungai Ciliwung dan memitigasi dampak banjir.

Kegiatan ini juga termasuk pelatihan water rescue dan edukasi pengelolaan sampah yang diadakan sebelumnya pada 10 dan 16 Agustus 2024.

Melalui kegiatan ini PT Pertamina Patra Niaga menunjukkan komitmennya dalam mendukung inisiatif 'Gerbang Biru Ciliwung' yang diprakarsai oleh KLHK.

Sekaligus berkontribusi pada pencapaian beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan, di antaranya mewujudkan SDGs Nomor 6 (air bersih dan sanitasi layak), Nomor 11 (kota dan pemukiman berkelanjutan), serta Nomor 3 (kehidupan sehat dan sejahtera).

"Kami harapkan semangat peringatan HUT ke-79 RI ini menjadi momen untuk terus melakukan lebih banyak kegiatan yang berdampak positif bagi Indonesia," kata Heppy. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Salurkan BBM ke Labuan Bajo dengan Distribusi Khusus


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler