PPPK Sistem Kontrak, tetapi Kewajibannya Sama dengan PNS, Alamak!

Kamis, 28 Maret 2024 – 06:55 WIB
Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - SEMARANG - Sebanyak 591 orang dilantik sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bertugas berbagai organisasi perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dari 591 orang PPPK yang dilantik, beberapa di antaranya merupakan PPPK tenaga teknis.

BACA JUGA: Info Terbaru Pencairan THR PNS & PPPK, Masih Ada OPD Enggak Gercep

"Selama ini kami selalu kekurangan tenaga teknis. Contoh seperti di Perkim (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, red), di Dinas Pekerjaan Umum," kata Hevearita di Semarang, Rabu (27/3).

Ita, sapaan akrab Hevearita, bersyukur karena dari 591 PPPK tersebut, sebagian besar merupakan tenaga teknis dan pendidik yang memang dibutuhkan Pemerintah Kota Semarang.

BACA JUGA: Kabar Gembira untuk PNS & PPPK, Dua Hari Gajian 2 Kali, Alhamdulillah

"Karena ini 'kan hal-hal lapangan, tentu sangat diperlukan sehingga alhamdulillah kemarin bisa mendapatkan sebagian ini ada tenaga teknis, termasuk penyuluh pertanian," katanya.

Dengan bertambahnya PPPK itu, Pemkot Semarang saat ini memiliki total sebanyak 3.820 orang PPPK yang telah mengisi berbagai posisi penting yang tersebar di berbagai OPD.

BACA JUGA: Tak Semua Pemda Bisa Ajukan Formasi PPPK Tendik, Ini Penjelasan Kemendikbudristek

"Penyuluh pertanian juga diperlukan apalagi dengan adanya program ketahanan pangan, kedaulatan pangan, pengendalian inflasi yang tentunya kami harapkan bisa membantu teman-teman ASN yang ada," katanya.

"Sekarang (penyuluh pertanian, red) jumlahnya semakin berkurang karena banyak yang pensiun sehingga dibutuhkan tenaga-tenaga muda," tambahnya.

Ita berharap tenaga-tenaga baru itu bisa saling bertukar ilmu dan termotivasi untuk berkontribusi bagi Kota Semarang, termasuk tenaga pendidik bisa memberikan warna baru dalam kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan.

Dia menekankan kepada seluruh PPPK yang dilantik untuk tetap menjaga integritas dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memajukan Kota Semarang.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang Joko Hartono menambahkan 591 PPPK yang dilantik terdiri atas 414 orang tenaga guru, 157 orang tenaga kesehatan, serta 20 orang tenaga teknis.

Joko Hartono menjelaskan bahwa PPPK itu dikontrak selama lima tahun dan bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

"Kalau PPPK tidak ada pensiun, tetapi mereka bisa mengikuti program jaminan hari tua. Kewajibannya sama seperti PNS (pegawai negeri sipil), cuma mereka kontrak lima tahun," ujarnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler