Pra Penas 2022 Siap Digelar di Sulawesi Selatan

Sabtu, 21 Mei 2022 – 17:22 WIB
BPPSDMP bersama-sama dengan Kelompok KTNA Nasional melakukan rapat koordinasi persiapan Pra Penas dengan Pemprov Sulsel dan Kabupaten maros, Kamis (19/5) di Ruang Pola, Kantor Bupati Kabupaten Maros. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya dalam memantapkan penguatan komoditas lokal untuk kemandirian pangan.

Melalui kemandirian pangan diharapkan kesejahteraan petani meningkat.

BACA JUGA: Pra-Penas 2022 Digelar di Sulawesi Selatan

Salah satu kegiatan guna memotivasi dan menggairahkan petani-nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku agrobisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan adalah Pra Penas.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan Pra Penas merupakan ajang pertemuan antara petani nelayan.

BACA JUGA: Ups, Pilot Tertangkap Basah Berselingkuh dengan Pramugari di Hotel

Selain itu, Pra Penas juga sebagai wadah belajar mengajar, tukar-menukar informasi dan berbagi pengalaman serta pengembangan kemitraan.

“Melalui Pra Penas diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan," ujar Mentan Syahrul.

BACA JUGA: Karyawan JNE Curiga dengan Paket yang Dikirim Seorang Pemuda, Terungkap

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nuryamsi mengatakan kegiatan Pra Penas dilaksanakan sebelum Penas XVI untuk mempersiapkan dan merancang kegiatan-kegiatan di Sumatra Barat.

Menindaklanjuti hal itu, Kementan melalui BPPSDMP bersama-sama dengan Kelompok KTNA Nasional melakukan Rapat Koordinasi dengan Pemprov Sulsel dan Kabupaten maros, Kamis (19/5) di Ruang Pola, Kantor Bupati Kabupaten Maros.

Dalam sambutannya, Bupati yang diwakili oleh Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari Pemda Maros mengatakan siap mendukung dan menyukseskan Pra Penas tahun 2022.

Guna menyukseskan Pra Penas Pemerintah Kabupaten Maros juga akan menyiapkan gedung-gedung pertemuan milik pemda dan sarana prasarana sebagai lokasi pertemuan untuk rembug utama, temu wicara, temu profesi, serta akan menyiapkan homestay bagi para peserta.

"Di rapat koordinasi ini dibahas secara detail pembagian tugas dan penanggung jawabnya masing-masing kegiatan dan mengingatkan kepada seluruh panitia dan meminta untuk disampaikan kepada seluruh peserta Pra Penas 2022 untuk mendukung kampanye Go Green yang digalakkan oleh Pemkab Maros tahun ini," ujar dia.

Suhartina Bohari mengajak agar peserta menggunakan tumbler untuk minum dan Pemkab Maros akan menyediakan depot-depot pengisian ulang air minum.

Sementara, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Bustanul Arifin Caya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Maros yang sudah menyiapkan waktu dan tempat untuk pelaksanaan Rapat koordinasi kali ini.

Dilanjutkan dengan paparan kesiapan Pra Penas 2022 oleh Ketua Umum Kelompok KTNA Nasional Mohamad Yadi Sofyan Noor menceritakan ide awal tercetusnya Pra Penas yang akan dihadiri oleh 4.120 peserta dari 26 Provinsi se Indonesia berdasarkan data pendaftaran peserta per tanggal 16 Mei 2022 kemarin.

Sofyan optimistis peserta Pra Penas 2022 akan melebihi target 5.000 peserta, mengingat selain peserta utama dalam kegiatan pekan petani nelayan berskala nasional, ada juga peserta swadaya atau peninjau yang jumlahnya tidak bisa diprediksi.

Sofyan yakin jika Pra Penas 2022 akan berjalan dengan sukses, itu semua karena pengalamannya yang sudah melaksanakan beberapa kali Penas di tahun-tahun sebelumnya.

Keyakinan tersebut juga didasari dengan lokasi utama yang terpusat di lapangan Palantikang dan acara yang lain saling berdekatan.

"Ini pasti akan memudahkan para peserta untuk mengikuti seluruh agenda kegiatan," kata Sofyan.

“Setelah Saya berkeliling dan melihat lokasi, baik untuk pembukaan dan Penutupan serta lokasi untuk rembug dan Temu Profesi dan Agribisnis, Saya yakin acara Pra Penas akan sukses”, kata Sofyan saat memaparkan laporan kesiapan Pra Penas 2022.

Sofyan juga meminta agar Pemkab dan Panitia menyiapkan lokasi kuliner dan oleh-oleh khas Maros yang dekat dengan lokasi acara, karena seingat Sofyan setiap peserta biasanya mencari makanan khas daerah selama acara berlangsung.

Dia juga berharap dengan digelarnya Pra Penas 2022 ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian di masyarakat, mengingat banyaknya jumlah peserta dan itu semua memerlukan akomodasi, transportasi dan konsumsi yang tidak sedikit.

Menurut Wakil Setjen Kelompok KTNA Nasional Zulharman, Pra Penas di Sulawesi Selatan merupakan kegiatan pertama kalinya dilaksanakan sejak diselenggarakan Penas pertama sampai dengan yang ke-XVI.

"Hal ini tentunya merupakan tonggak sejarah bagi provinsi Sulawesi Selatan," katanya. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Tampang Oknum TNI yang Ditangkap Polisi, Kolonel Antonius: Dia Sudah jadi Tersangka


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler