Prambanan Jazz Festival 2017 Bakal Dibanjiri Artis Ternama

Selasa, 09 Mei 2017 – 20:03 WIB
Konferensi pers Prambanan Jazz Festival 2017 di Yogyakarta, Selasa (9/5). Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, YOGYAKARTA - Prambanan Jazz Festival 2017 dipastikan berlangsung meriah. Sejumlah artis ternama, baik lokal maupun mancanegara, telah memastikan diri ambil bagian dalam pesta tahun ketiga jazz terakbar di Yogyakarta ini.

‘’Kami berusaha untuk konsisten menjadikan Prambanan Jazz Festival ini sebagai hiburan sarat kualitas bagi penggemar musik Indonesia maupun mancanegara. Semua suguhan hiburan itu akan kami perkuat dengan muatan local culture,’’ kata Anas Syahrul Alimi, penggagas Prambanan Jazz sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication yang menjadi promotor dari festival ini di Yogyakarta, Selasa (9/5).  

BACA JUGA: Ini Strategi Telkom Tingkatkan Pelanggan IndiHome

Anas menjelaskan, Prambanan Jazz tahun ini akan digelar selama tiga hari, yakni 18-20 Agustus 2017 di Candi Prambanan.

Dia menambahkan, pihaknya siap menunjukkan hal berbeda dibandingkan dua penyelengaraan sebelumnya.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Modus Indihome Gaet Pelanggan

‘’Kami menyiapkan konsep pertunjukan agar bisa lebih merangkul music audience,’’ ujarnya.

Anas menjelaskan pada hari pertama akan ditampilkan konsep 90's Moment.

Semua penampil adalah artis dan musisi yang populer dan hits pada 90-an.

Misalnya, Andre Hehanusa, Katon Bagaskara, T-Five, Base Jam, Emerald, Lingua, Ada Band, The Groove, Ipang, Shakey, Rif/dan masih banyak lagi.

‘’Hari pertama Prambanan Jazz akan menjadi pestanya anak 90-an,’’ katanya.

Lantas akan tampil juga Sarah Brightman. Peraih Grammy Award ini, kata Anas, akan menjadi penampil utama (headliner) Prambanan Jazz Festival 2017.

Sarah tercatat juga telah meraih 200 penghargaan platinum dan emas di lebih 40 negara di dunia.

Pelantun lagu Time to Say Goodbye ini akan tampil glory di Prambanan Jazz dengan iringan live orchestra.

Anas menambahkan, band fenomenal Shakatakyang telah menciptakan lebih dari 35 album sepanjang karier juga akan tampil.

‘’Masih ada artis luar negeri yang akan kami announce dalam beberapa waktu mendatang, karena kami masih dalam proses negosiasi,’’ ujarnya.

Beberapa artis dalam negeri yang sudah pasti tampil di antaranya Kahitna, KLA Project, Glenn Fredly, Tompi, Yovie Nuno, Syaharani, dan Sandy Sondoro.

“Selain itu, ada pula Saxx in the City, Yura Yunita, Afgan, Shaggy Dog, Marcell, Rio Febrian, Kunto Aji, Payung Teduh, dan masih banyak lagi yang akan kami announce,” ujar Anas.

Seperti tahun sebelumnya, Prambanan Jazz kali ini bekerja sama dengan Indihome Telkom Indonesia sebagai sponsor utama.

Title resmi kali ini yakni IndiHome Prambanan Jazz 2017 dengan mengusung tagline: Art, Music & Culture.

‘’Kami sengaja mengusung tagline Art, Music & Culture adalah salah satu deferensiasi dari konsep utama Prambanan Jazz yakni menggabungkan dua mahakarya, yakni Mahakarya Candi Prambanan dan Mahakarya Musik,” ujar Anas.

Art adalah mahakarya candi Prambanan itu sendiri sebagai sebuah karya seni dunia.

Sebuah mahakarya warisan budaya leluhur, karya anak bangsa yang harus selalu dijaga, lestarikan diperkenalkan kepada dunia internasional.

“Music adalah festival musik itu sendiri. Yakni, sebuah bentuk apresiasi terhadap Candi Prambanan dengan segala kemegahannya yang kita satukan menjadi sebuah perpaduan yang hebat antara mahakarya candi Prambanan dan musik berkelas dunia,” ujarnya.

Untuk itu, kata Anas, pihaknya akan selalu menghadirkan musisi dunia dan musisi-musisi terbaik dari Indonesia.

Dia berharap, Prambanan Jazz mampu menjadi sebuah jembatan diplomasi negara dalam mencapai dan mewujudkan industri budaya sebagai salah satu kekuatan baru dalam memperkuat nation branding.

“Yang terakhir adalah culture, merupakan sebuah bentuk perilaku dan sikap masyarakat kita yang ada di dalamnya, yang ikut serta memberikan apresiasi dan sumbangsih terbaik terhadap mahakarya besar candi Prambanan,” kata Anas.

Sementara itu, Project Director Prambanan Jazz Bakkar Wibowo menjelaskan, pihaknya tetap menggunakan dua panggung utama.

Yaitu panggung Hanoman sebagai panggung special show yang berada di area Lapangan Brahma dan Rorojonggrang sebagai panggung festival show yang berada di area Lapangan Wisnu.

Bakkar menambahkan, penggarapan artwork media promo Prambanan Jazz terutama untuk artis internasional, pihaknya akan menggandeng perupa Dipo Andy.

Dipo merupakan perupa pop art papan atas Indonesia yang sudah beberapa kali berpameran di dalam negeri ataupun di luar negeri.

‘’Kami berharap media luar ruang tidak hanya sebagai media promosi, tapi juga sebagai media ruang pameran sebuah karya seni perupa,” kata Bakkar. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler