Prediksikan USD Bakal Tembus Rp 11 ribu

Senin, 19 Agustus 2013 – 20:15 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Posisi nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS (USD) semakin terpuruk. Hari ini saja, kurs USD sempat menyentuh Rp 10.645.

Karenanya, mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli mengatakan, sangat mungkin rupiah terperosok hingga kurs USD tembus Rp 11 ribu. “Saya kira hanya tinggal menunggu waktu saja, rupiah akan menyentuh pada level Rp 11.000 per dolar. Alasannya jelas, pasar sangat kecewa terhadap pidato SBY,” kata Rizal Ramli di Jakarta, Senin, (19/8).

BACA JUGA: Canangkan 2014 tanpa PHK

Menurut pendiri Econit itu, pasar melihat pidato SBY saat menyampaikan nota keuangan RAPBN 2014 sangat tidak realistis dan tidak memberikan jawaban bagi upaya mendongkrak perekonomian. Rizal justru menegaskan, anjloknya kurs rupiah akan semakin membebani APBN karena impor BBM masih tinggi.

Celakanya, kata Rizal, beban ini makin bertambah karena ada utang swasta yang jatuh tempo mencapai sekitar USD 27 miliar. Karena rupiah anjlok, kata Rizal, maka imbasnya akan merembet ke semua sektor, termasuk kemungkinan naiknya harga pangan yang sumbernya berasal impor. “Jadi akan ada ronde ke dua kenaikkan harga pangan, sebelum lebaran sudah naik, dan pascalebaran bisa naik lagi,” tegasnya.

BACA JUGA: Siap-siap Tarif Listrik Naik Lagi

Kondisi saat ini, sambung Rizal, berbeda dengan situasi ekonomi Indonesia pada 2008. Kala itu, fundamental ekonomi Indonesia sangat bagus. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Usulkan Kenaikan Harga Elpji 12 Kg Lagi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Kaji Kenaikan Harga Rumah Subsidi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler