Presiden: Ini Terjadi lagi, Riau lagi

Jumat, 14 Maret 2014 – 17:09 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- Presiden menyesalkan bencana asap yang kembali terjadi di wilayah Pekan Baru, Riau. Dalam teleconference rapat terbatas dengan Wapres Boediono, menteri terkait serta Pemda Riau, Presiden menyatakan seharusnya ada pencegahan yang dilakukan pihak terkait sejak awal.

SBY menyatakan bahwa kabut asap di Riau adalah kesalahan bersama, termasuk dirinya. Kondisi ini diperparah dengan cuaca ekstrim yang membuat api lebih mudah menjalar.

BACA JUGA: Jokowi Capres PDIP, Lima Parpol Diprediksi Tak Lolos PT

"Tapi biang keladinya adalah karena ada tindakan pembakaran yang semestinya tidak dilakukan, yang semestinya bisa dicegah," ujar Presiden dengan nada suara tegas saat membuka rapat tersebut.

Presiden menyatakan dalam rapat pemerintah harus ada solusi untuk Riau. Pasalnya, ia menyatakan, selama ini banyak pihak yang sudah bekerja, tapi hasil yang didapat tetap belum maksimal. Ia meminta tanggap darurat segera dilakukan karena situasi asap di Riau sudah meresahkan.

BACA JUGA: Jokowi Resmi Capres PDIP, Golkar Tak Ubah Strategi ARB

"Negara ini ada pejabatnya, mulai dari Presiden, menteri, gubernur, bupati, walikota, camat, kepala desa. Mestinya bisa dilakukan pencegahan, paling tidak mengurangi apa yang terus terjadi di provinsi Riau. Tapi kejadian sudah seperti ini. Saya ingin ada solusi untuk ini," tandasnya. (flo/jpnn)

BACA JUGA: KPK Pasang Plang Sita di Rumah Anas Urbaningrum

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Minta Masyarakat Mengingat Enaknya Zaman Soeharto


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler