President WTFI: Indonesia Beruntung Punya Menteri Sandiaga Uno

Jumat, 17 September 2021 – 20:53 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat berada di Global Tourism Forum. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja Menteri Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno dalam mengembangkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, mendapat pujian langsung oleh Presiden Forum Institut Pariwisata Dunia Bulut Bagci.

Bulut yang juga Wakil Presiden Turki, menyebut Menparekraf Sandiaga Uno yang tampil mengenakan baju daerah Gorontalo langsung menebarkan energi positif.

BACA JUGA: Sandiaga Dorong Rumah Instan Karya Anak Bangsa Tembus Pasar Afrika

Bulut Bagci mengaku terkesan dengan kesiapan Menparekraf dalam hal mengenalkan kostum tradisional dan menjelaskan keunikan budaya dalam waktu singkat.

Indonesia, menurutnya, mampu menunjukkan banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi, dan Indonesia sangat beruntung memiliki menteri seperti Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Orang Tua di Seluruh Indonesia Harus Mengambil Pelajaran dari Kasus Ibu Yulet

“Dalam mempromosikan wisata, apa yang dilakukan Pak Menteri Sandi sangat keren dan menunjukkan Indonesia sangat kaya,” tegas dia.

Bulut menuturkan bahwa Indonesia memiliki budaya yang beragam hingga alam yang indah.

BACA JUGA: Soroti Wacana Duet Anies-Sandiaga, Presiden PKS Pakai Kata Keniscayaan

"Indonesia adalah tujuan wisata kelas satu dengan orang-orangnya yang hangat, budaya yang beragam dan alam yang indah. Ini merupakan kekuatan yang dapat mendorong pariwisata, kestabilan politik, dan mekanisme demokratis," kata Bulut Bagci dalam Global Tourism Forum.

Dia juga menyoroti upaya Indonesia menghadapi virus Covid-19.

"Jika melihat dalam skala angka sebelum COVID-19, Indonesia mendapatkan perhatian khusus dalam wisata, mampu mengundang banyaknya turis. Namun, setelah pandemi Indonesia sangat berjuang untuk tetap memajukan krisis ini," tambahnya.

Bulut mengapresisasi apa yang dilakukan oleh Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata, karena sebagai pemimpin pariwisata.

"Acara GTF di Indonesia yang pertama kalinya juga di kawasan Asia, karena Indonesia itu lebih cemerlang baik untuk investor maupun bagi turis asing,” tegas Bulut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjadi salah satu menteri terbaik versi entre for Indonesia Strategic Actions (CISA) merilis survei terkait persepsi kepuasan public.

Hal tersebut dikarenakan kebijakan kementrian tersebut dalam peningkatan potensi wisata dan ekonomi kreatif harus jadi lokomotif penggerak perekonomian.

Beberapa kebijakan Kemenparekraf yang yang cukup fenomenal di antaranya Program Stimulus Hibah Pariwisata, Free Covid Corridor atau Travel Corridor Arrangement, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Program Digitalisasi Ekonomi Kreatif.

Program tersebut menyasar kepada 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bahkan, untuk stimulus pemulihan ekonomi di sektor pariwisata bisa segera rampung.

Paling tidak, pada akhir 2021 ini sudah terverifikasi dan validasi yang kini berada di tingkat pemerintah daerah.

“Dana hibah ini bolanya sudah bergulir ke rekan-rekan kementerian lembaga lainnya yang sekarang memproses. Dengan adanya PPKM, kami mengambil keputusan untuk percepatan dan kami saat ini bisa rampung proses verifikasi validasinya, sehingga bisa diterima Pemda,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jumat.

Sandi mengungkapkan salah satu peningkatan potensi wisata dan ekonomi kreatif di mana sebagai penunjang dalam penstabilan ekonomi serta pembuka lapangan kerja di Indonesia.

Salah satu sektor wisata yang menjadi tulang punggung peningkatan ekonomi adalah industri wisata.

Bahkan, hal tersebut menjadi sebagai industri pariwisata memberikan kontribusi besar kepada dunia, terutama Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Menurutnya, sektor tersebut menyumbang pendapatan negara, menciptakan lapangan kerja, dan menjaga lingkungan berkelanjutan.

Namun, pandemi dinyatakan menghapus semua pertumbuhan positif dan membuat negara berjuang mempertahankan keberlanjutan industri.

Kawasan ASEAN, kata Sandiaga, secara responsif juga melakukan berbagai upaya untuk menjaga sektor pariwisata.

Sementara itu, di tingkat nasional, telah dilakukan pula beberapa langkah untuk mengatasi pandemi.

"Kami di Indonesia juga fokus mengatasi pandemi dengan mengimplementasi protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability), peluncuran vaksinasi untuk pekerja pariwisata dan travel, pencairan hibah pemerintah dan insentif untuk bisnis pariwisata,” ungkapnya. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandiaga Uno Capres 2024 Pilihan Emak-Emak


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler