Pria China Bangun Villa di Atas Gedung

Rabu, 14 Agustus 2013 – 09:10 WIB
Villa di Atas Gedung. Foto: Vancourvensun

jpnn.com - BEIJING--Seorang pengusaha China diminta membongkar vila yang dibangunnya di atas gedung apartemen bertingkat 26 di Beijing. Lengkap dengan pepohonan, semak belukar, dan ditutup bebatuan, vila yang terletak di kawasan padat Haidian itu tampak seperti terletak di puncak gunung. Pemiliknya adalah pengusaha obat-obatan dan berhasil membangun vilanya selama enam tahun.

Sayangnya, ia tidak memiliki izin. Juga, para pengghuni apartemen di bawahnya sudah mengeluh selama bertahun-tahun dan baru ditanggapi sekarang.

BACA JUGA: Dokter Cicip Heroin Dari Perut Penyelundup

Keluhan bukan hanya karena pemiliknya sering menggelar pesta dengan suara yang bising hingga larut malam tapi juga vila itu merusak jaringan pipa di apartemen.

"Ia amat angkuh. Ia tidak perduli dengan keluhan saya," ungkap penghuni apartemen lain seperti dilansir BBC (13/8).

BACA JUGA: Tahanan Palestina Mulai Dibebaskan

Penghuni apartemen yang mengaku kepada kantor berita AP bahwa ia pernah menyampaikan keluhan langsung kepada pemilik vila namun tidak ditanggapi.

Namun kini 'pesta' si pemilik akan berakhir karena pemerintah wilayah Haidian sudah memutuskan akan menghancurkan vila itu dalam waktu 15 hari jika pemiliknya tidak melakukan membongkar sendiri atau membuktikan bahwa dia memang punya izin mendirikan bangunan.

BACA JUGA: Elham Aminzadeh, Wapres Perempuan Pertama Iran

Sejumlah pihak melihat keberanian pengusaha itu membangun tanpa izin dan tidak memperdulikan orang lain menjadi bukti dari kecenderungan orang-orang kaya di China untuk mengabaikan hukum.

Selama ini banyak warga Beijing yang membangun tambahan gedung di rumahnya tanpa melalui prosedur perizinan yang seharusnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dianggap Sumber Bencana, Monumen Tsunami Bakal Dibongkar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler