Pria Pelaku Pemerasan dengan Modus Ancam Sebar Video Asusila Ditangkap, Ini Tampangnya

Kamis, 05 September 2024 – 11:47 WIB
Tersangka berinisial AGP yang melakukan pengancaman terhadap korban melalui video asusila ibunya, Jumat (30/8/2024). Foto: ANTARA/Ilham Kausar

jpnn.com, JAKARTA - Seorang pria berinisial AGP, 37, pelaku pengancaman dan pemerasan terhadap korban berinisial CW, 29, ditangkap polisi pada Jumat (30/8) lalu.

Pelaku beraksi dengan modus mengancam menyebarkan video asusila pelaku bersama ibu korban jika korban tak mengirimkan sejumlah uang.

BACA JUGA: Tak Terima Diputusin, PR Ancam Sebar Video Asusila Sang Mantan

"Pelaku mengaku video tersebut direkam pada Mei 2024 di Jagakarsa, Jakarta Selatan," ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis. 

Ade menjelaskan kasus tersebut bermula saat pelapor menerima kiriman konten foto dan video dari sebuah nomor yang isinya berupa foto dan video yang bermuatan asusila (adegan seksual yang diduga dilakukan oleh ibu pelapor dengan terlapor atau tersangka).

BACA JUGA: Dipecat, MA Peras Mantan Bos, Modusnya Ancam Sebar Video Asusila

"Kemudian terlapor atau tersangka melakukan pengancaman akan menyebarluaskan foto dan video yang bermuatan asusila tersebut, jika tidak diberikan uang sebesar satu juta rupiah, " katanya.

Karena merasa terancam, pelapor kemudian mengirimkan uang sebesar Rp 200 ribu ke rekening bank atas nama tersangka AGP.

BACA JUGA: Ancam Sebar Video Asusila, Gay Peras Pasangan Rp 750 Juta

Namun, tersangka kembali mengancam korban jika tidak mengirimkan kembali kekurangan uang yang diminta oleh tersangka.

"Pelapor kemudian kembali mengirimkan uang sebesar Rp 200 ribu ke rekening tersangka, tetapi untuk kesekian kalinya, tersangka kembali melakukan ancaman penyebarluasan konten foto dan video asusila tersebut dengan disertai permintaan uang, " kata Ade Safri.

Mantan Kapolrestabes Surakarta tersebut menyebutkan bahwa jika korban tidak memiliki uang yang diminta tersangka, maka dapat diganti dengan bersetubuh.

"Atas ancaman tersebut, selanjutnya korban melaporkan dugaan tindak pidana yang terjadi ke SPKT Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/B/2624/V/2024/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 14 Mei 2024," ucap Ade Safri.

Berdasarkan laporan tersebut tim sidik dari Unit 3 Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus dan sekaligus melakukan penangkapan terhadap tersangka yang beralamat di Gang H. Ali, Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Dari penangkapan tersebut dilakukan penyitaan barang bukti seperti satu unit ponsel dengan dua kartu SIM, satu kartu ATM, dua lembar bukti transfer, dan satu bundel percakapan WhatsApp," katanya.

Selain itu dari tangan tersangka juga disita sejumlah satu video adegan asusila yang diduga dilakukan oleh almarhum ibu korban dan tersangka dan delapan tampilan gambar atau foto asusila.

Ade Safri juga menjelaskan tersangka dijerat dengan pasal 29 jo pasal 45B UU No 1 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan/atau pasal 4 ayat (1) jo pasal 29 UU No 44 tahun 2008 tentang Pornografi, dengan ancaman pidana penjara maksimal 12 tahun dan denda maksimal Rp 3 miliar.(antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler