Produk Onderdil Segmen Aftermarket Berpeluang Tumbuh Pesat

Kamis, 22 September 2016 – 16:40 WIB
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Industri produk onderdil otomotif di segmen aftermarket memiliki peluang pertumbuhan sangat besar.

Itu mengacu pada kebutuhan penggantian onderdil kendaraan pascapembelian. Lebih dari sebelas juta kendaraan penumpang akan habis masa garansi perawatannya pada 2020.

BACA JUGA: Bersihkan 1000 AC Secara Gratis, Sharp Raih Rekor MURI

Ipsos Business Consulting dalam hasil studi terbarunya memproyeksikan terjadinya pertumbuhan populasi kendaraan yang habis masa garansinya hingga 9,7 persen per tahun sepanjang 2015-2020.

Walaupun segmen produk aftermarket memberikan peluang baik bagi produsen lama maupun baru, namun bersamaan dengan itu juga terdapat sejumlah tantangan. Salah satu tantangan yang paling menonjol adalah pentingnya mengidentifikasi mitra distribusi yang paling tepat. 

BACA JUGA: Wahh..Sharp Beri Servis Gratis 1000 AC nih

 “Pasar mobil bekas yang saat ini berkembang di Indonesia pun secara bertahap menjadi lebih canggih karena ketersediaan yang lebih besar akan pembiayaan yang fleksibel, saluran pemasar resmi dan terstandarisasi serta transparansi informasi yang lebih baik,” kata Douglas Cassidy, Head of Consulting Ipsos Consulting Indonesia.

“Kondisi ini membantu terjadinya pertumbuhan pasar yang pada gilirannya terjadi peningkatan permintaan produk-produk aftermarket,” tambah Douglas.

BACA JUGA: Sepakat Turunkan Waktu Bongkar Muat Pelabuhan Tj Priok di Bawah 3 Hari

Douglas menggaris bawahi bahwa konsumen lebih memilih membeli kendaraan bekas karena harga yang lebih murah.

Selain itu, juga karena terbatasnya ketersediaan dealer resmi mobil baru di wilayah mereka tinggal.

Consultant di Ipsos Consulting Indonesia Brenda Karnadi mengatakan, para produsen suku cadang otomotif akan terus bergantung pada peritel atau toko onderdil.

Hal itu untuk memastikan cakupan distribusi yang luas yang menjangkau konsumen.

“Para produsen suku cadang menghadapi tantangan utama dalam mengidentifikasi dan mengendalikan pihak distributor yang berkualifikasi dan memiliki akses luas ke saluran-saluran pemasaran tradisional seperti toko-toko onderdil dan bengkel-bengkel independen,” ujarnya.

Dia menambahkan, meskipun banyak bengkel independen tidak resmi terus mendominasi pasar karena mampu menawarkan biaya yang lebih murah serta beragam layanan yang berstandar baik, bengkel-bengkel resmi (branded workshops) mampu meraih popularitas karena kualitas layanan dan produk mereka yang lebih tinggi.

Munculnya banyak bengkel bermerek memungkinkan produsen suku cadang memasarkan produk-produknya secara langsung ke gerai-gerai ritel bermerek daripada menjual produk-produk mereka melalui saluran penjualan tradisional yang terfragmentasi.

Ketersediaan yang demikian luas akan produk-produk onderdil yang andal dan orisinal (genuine parts) pada banyak pemasar independen produk after market ini memunculkan persaingan tajam bagi para produsen suku cadang non-orisinal (non-genuine parts).

Non-genuine parts umumnya mengacu pada produk-produk suku cadang yang diproduksi oleh produsen yang memasok para pemasar independen produk aftermarket sebagai produk substitusi pengganti suku cadang asli/orisinal yang digunakan oleh produsen kendaraan.

Sementara itu, di sisi konsumen, kurangnya pengetahuan konsumen tentang suku cadang kendaraan membuat mereka begitu bergantung pada pihak mekanik/montir dan rekomendasi OEM untuk memastikan perawatan yang mudah dan bebas repot bagi kendaraan mereka.

Implikasi terhadap pemain produk onderdil non-genuine adalah mereka mesti memberikan isentif terhadap pelanggan dan membedakan produk mereka dari onderdil genuine dari sisi harga, merek and strategi komunikasi terhadap para mekanik dan konsumen. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Taksi Online Silakan Beroperasi tapi Jangan Salah Paham


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler