Amad Sudiro jadi Rektor Untar, Ariawan: Pengalaman Dunia Pendidikan Tak Diragukan

Jumat, 30 Agustus 2024 – 20:46 WIB
Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M resmi dilantik sebagai Rektor Untar periode 2024–2028 di Auditorium Kampus I Untar, Kamis (29/8). Foto: Untar

jpnn.com, JAKARTA - Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M resmi dilantik sebagai Rektor Untar periode 2024–2028 di Auditorium Kampus I Untar, Kamis (29/8).

Pelantikan oleh Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi itu disaksikan oleh Ketua Pembina Yayasan Tarumanagara Ir. Nanda Widya dan Ketua Pengawas Yayasan Tarumanagara Ir. Agussurya Widjaya, M.E., M.B.A.

BACA JUGA: Rektor Untar Tekankan Semangat Bela Negara di Era Digital

Prof. Amad yang sebelumnya menjabat Dekan Fakultas Hukum (FH) Untar akan menggantikan Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng.

Prof Ariawan menegaskan melalui kepemimpinan yang baru, Untar akan semakin kuat menjawab tantangan dunia pendidikan tinggi, terutama dalam menghadapi era globalisasi.

BACA JUGA: Gandeng Untar, ISKA Gelar Kuliah Umum Tentang Merawat Komitmen Kebangsaan

“Prof. Amad harus dapat membawa Untar menuju babak baru. Pengalaman dan dedikasinya dalam dunia pendidikan tidak diragukan. Kami yakin, di bawah kepemimpinannya, Untar akan terus berkembang untuk mencapai berbagai prestasi gemilang dengan mempertahankan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship yang menjadi dasar universitas ini,” ujarnya.

Dia menambahkan Prof Amad juga menekankan pentingnya kolaborasi antara seluruh sivitas akademika dalam mendukung visi dan misi untuk menjadikan Untar sebagai World Class University (WCU).

BACA JUGA: Hadirkan Pangkogabwilhan III, PPKBM Untar Tekankan Peningkatan Kualitas Diri Mahasiswa

Sementara itu, pencapaian yang telah diraih Untar pada era kepemimpinan rektor sebelumnya, akan menjadi dasar kuat untuk memantapkan proses internasionalisasi dan lainnya.

Dia menegaskan komitmennya untuk terus menjunjung tinggi kebebasan akademik dan keberagaman budaya di lingkungan kampus.

“Saya yakin Untar tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga akan terus berkembang. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, kita akan membawa Untar menjadi universitas berkelas dunia,” tegasnya.

Biodata Singkat Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M.

Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M dilahirkan di Indramayu, 7 Februari 1967, menyelesaikan pendidikan Doktor (S3) Hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH-UI), dan aktif mengikuti berbagai pelatihan/kursus, serta pendidikan non-formal di bidang hukum dan manajemen serta kepemimpinan.

Sebelum diangkat menjadi rektor Untar, Ia menjabat Dekan FH selama dua periode. Artikel ilmiah dan buku di antaranya “Hukum Udara Nasional dan Internasional Publik” serta “Aspek Hukum Transportasi Udara Jamaah Haji Indonesia”.

Selain sebagai akademisi (dosen), juga menjadi praktisi hukum (Advokat & Arbiter) dan menjabat sebagai pimpinan lembaga/badan, dan organisasi profesi hukum, antara lain Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Profesi Hukum Indonesia (DPN-APHI), Ketua Badan Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Konstruksi Indonesia (BADAPSKI), serta Penasehat Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI), dan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Doktor Hukum Indonesia (DPP-ADHI). (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringati HUT ke-79 RI, ISKA Gelar Kuliah Umum Bertema Merawat Komitmen Kebangsaan di Untar


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler