Profesor Ini Dorong Pemerintah Lebih Memperhatikan Para Peneliti

Jumat, 03 Juni 2016 – 10:42 WIB
Prof. Taruna Ikrar (kiri) dan Ketua Jaringan Indonesia yang juga anggota DPR Yayat Y Biaro. FOTO: ist for jpnn.com

JAKARTA - Kekuatan otak sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah inovasi dan kreatifitas. Begitulah yang sampaikan ilmuwan dunia Prof. Taruna Ikrar dalam acara “Neuron to Nation” yang digelar Lembaga Jaringan Indonesia di Hotel Mercure Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (2/6).
 
Pakar neurosains itu juga menyarankan kepada pemerintah agar fokus memperbanyak penelitian dan mendukung setiap peneliti di Indonesia. 

“Di Indonesia perhatian terhadap kerja peneliti masih sangat kurang, makanya Indonesia masih menjadi bangsa konsumtif, bukan produsen,” kata Taruna. 

BACA JUGA: Pengurus Golkar Mulai Panggil Idrus Marham Pak Menteri

Ia mengungkapkan, di tempat pengabdian penelitiannya selama ini, yakni Amerika Serikat sangat peduli pada karya ilmiah peneliti.
 
Taruna bersama rekan-rekannya saat ini sedang mengembangkan sebuah pemetaan otak yang akan sangat berfungsi dimasa depan baik untuk penyembuhan penyakit otak maupun pemetaan sikap dan sifat seoran pemimpin bangsa. 

“Pemetaan otak bisa berperan menilai kepribadian calon pemimpin suatu bangsa,” ujar Taruna.
 
Ketua Kordinator Nasional Jaringan Indonesia yang juga anggota DPR Yayat Y Biaro mengaku sangat senang dan tertarik pada gagasan Prof Taruna tentang cara mengedukasi masyarakat luas dengan memajukan sistem pendidikan. 

BACA JUGA: Selamat Jalan Bang Mangara Siahaan....

“Jaringan Indonesia ingin berperan dalam mencerdaskan bangsa, termasuk dalam gagasan pencanangan 1000 Ph,D,” jelas Yayat. (jpnn)

BACA JUGA: Hukuman untuk SDA Bertambah, KPK Masih Pikir-Pikir

BACA ARTIKEL LAINNYA... TNI AL Rumuskan Aturan Penegakan Hukum Di Laut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler