Program-Program Grab Indonesia Dinilai Berhasil Tingkatkan Loyalitas Mitra Pengemudi

Kamis, 13 April 2023 – 14:13 WIB
Kegiatan Grab Indonesia bersama mitra. Foto: Grab Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Survei Indikator melaporkan temuan korelasi yang positif dan signifikan antara program solidaritas dan kesejahteraan yang dilakukan Grab Indonesia sepanjang kuartal empat 2022 terhadap loyalitas mitra pengemudi.

Survei itu melibatkan 1.000 mitra pengemudi GrabBike di tujuh wilayah yaitu Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

BACA JUGA: Presiden Grab Apresiasi Kepedulian Menaker Ida Fauziyah Terhadap Pekerja Nonformal

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan hasil temuan menunjukkan mitra pengemudi memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama, bahkan 91,7 persen menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojol lain.

Kemudian 83,4 persen mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan.

BACA JUGA: Grab Apresiasi Mitranya Melalui HAJATAN Akhir Tahun

Sebagai bagian dari keluarga besar Grab Indonesia, ujar Neneng, mitra pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform kami.

Tentunya menjadi kewajiban perusahaan untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna oleh mitra pengemudi, tetapi juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi terhadap para mitra.

BACA JUGA: Tarif Ojol Naik, Grab Hadirkan Promo Menarik, Lebih Terjangkau

“Melihat hasil survei ini yang menunjukkan tingginya loyalitas dan kepercayaan mitra kepada Grab, mengingatkan kami untuk juga selalu setia kepada para mitra,” ujar Neneng dalam siaran pers, Kamis.

Efektivitas program yang diadakan Grab untuk mitra pengemudi juga berdampak sangat positif, meningkatkan level kedekatan identitas dan loyalitas kepada Grab.

“Aspek itu kemungkinan juga diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh 89,3 persen responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2 persen responden,” ujar peneliti utama Indikator, Kennedy Muslim, dalam kesempatan yang sama.

Survei yang dilakukan oleh Indikator berlangsung dari 22 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui wawancara tatap muka.

Penelitian dilakukan dengan metode random sampling, dengan margin of error survei diperkirakan +/- 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Lembar Fakta

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden, yaitu: 

1. GrabModal

Program cicilan berbunga rendah yang difasilitasi oleh Julo dan didesain khusus bagi Mitra Pengemudi ini menjadi program terfavorit yang diketahui dan disukai oleh hampir seluruh responden. 

Sebanyak 54,7 persen responden pun pernah memanfaatkan cicilan tersebut.

2. GrabBenefits Day

Para mitra pengemudi yang berpartisipasi dalam salah satu GrabBenefits Day yang diselenggarakan di Surabaya pada 2022.

Bazar bagi mitra pengemudi untuk membeli barang-barang dari Partner GrabBenefits dengan harga terjangkau dan diadakan di berbagai kota tempat Grab beroperasi. 

Program yang diketahui oleh 85,6 persen responden itu juga dinilai meringankan pengeluaran harian mitra.

3. GrabScholar: Program Beasiswa Grab

Program beasiswa kerja sama Grab dengan BenihBaik.com yang diperuntukkan bagi Mitra Grab, anak-anak mitra, dan masyarakat umum berprestasi untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK hingga kuliah (S1) di Indonesia. 

4. Kopdar Komunitas

Pertemuan rutin antara perwakilan Grab dengan para Mitra, baik yang dilakukan secara langsung (offline) maupun online.

5. Hari Mitra Grab

Ajang tahunan untuk mengapresiasi para mitra Grab Indonesia yang loyal dan berdedikasi ini dimulai sejak tahun 2021. 

Hari Mitra Grab selalu mengundang ribuan mitra dari Aceh hingga Papua untuk berkumpul bersama. 

Selain itu, di ajang tersebut juga diumumkan penerima Apresiasi Dana Abadi dengan beragam hadiah senilai belasan miliar rupiah, seperti mobil, motor listrik, hingga dana tunai. 

Selain lima kegiatan di atas, terdapat empat inisiatif lainnya yang juga menarik bagi para mitra pengemudi, yaitu Forum Diskusi Mitra (Fordim), Acara Keseruan Akhir Tahun (HAJATAN), Olahraga Bersama Rutin (Laga Solidaritas), Nonton Bareng Film Indonesia di Bioskop bersama Mitra dan keluarganya (Nobar Warga Grab). (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Naikkan Omzet, GrabFood Jadi Aplikasi Favorit Pedagang Kuliner


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler