Program Satu Desa Satu Miliar Memang Oyeee

Selasa, 18 April 2017 – 20:49 WIB
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com, TANAH BUMBU - Program Satu Desa Satu Miliar merupakan unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang direalisasikan sejak 2015 lalu.

Program itu diproyeksikan untuk mendorong dan meningkatkan pembangunan daerah, khususnya yang ada di wilayah perdesaan.

BACA JUGA: Pembangunan Timpang, Desa dan Kota Senjang

Sejak program itu diluncurkan dalam kurun dua tahun, tidak sedikit perubahan yang dirasakan oleh masyarakat perdesaan.

Hasil pembangunan yang bersumber dari dana APBD Tanah Bumbu tersebut terlihat dari realisasi program Satu Desa Satu Miliar.

BACA JUGA: Relasi Desa dan Kota Masih Tidak Adil

Misalnya, pembangunan jalan dan jembatan, sarana pendidikan dan kesehatan, sarana perkantoran dan fasilitas umum di desa, serta sarana pengairan dan air bersih.

“Pada tahun 2017, dana Satu Desa Satu Miliar juga diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian di wilayah perdesaan melalui badan usaha milik desa (BUMDes),” kata Bupati Tanbu Mardani H Maming belum lama ini.

BACA JUGA: Farouk: Kelurahan Merasa Diperlakukan Tidak Adil

Mardani menambahkan, melalui program pembangunan Satu Desa Satu Miliar ini, proses pembangunan di wilayah Kabupaten Tanbu yang luas mencapai  5.066,96 kilometer persegi secara umum berjalan lancar. 

Sedikitnya ada sekitar 144 desa yang masyarakatnya dapat kucuran alokasi dana tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tanbu.

“Secara konseptual, pelaksanaan Program Satu Desa Satu Miliar juga lebih difokuskan untuk tiga hal bidang pembangunan yaitu bidang insfrastruktur, pendidikan, dan bidang kesehatan,” jelas Mardani.

Dia menambahkan, pemerintah desa diberikan keleluasaan sebesar-besarnya untuk melakukan inisiasi dalam menentukan rencana pembangunan prioritas apa saja yang akan direalisasikan sebagai bentuk representasi aspirasi masyarakat desa.

“Realisasi program pembangunan tersebut telah menjadi jawaban atas berkembangnya  aspirasi masyarakat luas yang mengharapkan upaya nyata dari pemerintah daerah dalam hal peningkatan kualitas SDM, daya saing dan kesejahteraan,” katanya. (kry)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantap Jiwa! Tiap Desa Bakal Dapat Rp 25 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler