Protes demi Tibet, Biksu di Tiongkok Bakar Diri

Selasa, 12 November 2013 – 16:46 WIB

jpnn.com - TIBET - Seorang biksu di Tiongkok dikabarkan melakukan aksi bakar diri sebagai bentuk protes atas kebijakan pemerintah negeri komunis itu terhadap wilayah etnis Tibet. Menurut sumber komunitas Tibet di pengasingan yang dikutip VOA, biksu berusia 20 tahun bernama Tsering Gyal, melakukan aksi nekad itu pada Senin (11/11) malam di Provinsi Qinhai di Tiongkok barat.

Mengetahui aksi nekad Tsering, aparat di Tiongkok bergegas menuju ke lokasi untuk memadamkan api sekaligus membawa sang biksu nekad ke rumah sakit. Namun hingga saat ini kondisu terakhir Tsering belum diketahui.

BACA JUGA: Beli Lukisan Picasso Rp 280 Miliar, Orang Terkaya di China Dikecam

Sebelumnya pada Juli lalu, seorang biksu dari Tibet meninggal setelah membakar diri di Tiongkok selatan. Aksi itu juga sebagai bentuk aksi protes kepada pemerintah Tiongkok setelah mencapolok Tibet pada 1956.

Pascamasuknya pemerintahan komunis di Tibet, kebebasan di negeri Dalai Lama itu pun semakin terkekang. Bahkan Tiongkok  memakzulkan kepemimpinan Dalai Lama, petinggi agama Budha setempat yang diyakini sebagai titisan Budha Gautama. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Mesir Dapatkan Kembali 90 Artefak Kuno

BACA JUGA: Negosiasi Nuklir Iran Mandek

BACA ARTIKEL LAINNYA... RI-Polandia Perkuat Hubungan Bilateral


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler