PSSI Tak Takut Ancaman KLB

Minggu, 18 Desember 2011 – 06:14 WIB
Djohar Arifin. Foto: Raka Denny/Jawa Pos

JAKARTA - Intrik dua kubu yang beda pendapat dalam persepakbolaan tanah air sepertinya bakal menemui titik didihnya malam nantiRencananya, sekitar 600 anggota PSSI  yang terdiri dari jajaran Pengprov PSSI, klub ISL, hingga klub Divisi III akan menggelar rapat akbar di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Central Pakt, Jakarta Barat

BACA JUGA: Pelatih ISL Tak Boleh Latih Timnas



Dihubungi tadi malam, ketua Forum Pengprov PSSI (FPP) Dwi Irianto mengatakan bahwa mayoritas peserta sudah hadir di lokasi
"Dari jajaran Pengrov, sampai tadi sore (kemarin sore-red) sudah 23 perwakilan yang datang

BACA JUGA: Ikut Pilihan Masyarakat Palembang

Dari jajaran klub sudah lebih dari 400," kata Dwi
"Sebagian lainnya sudah konfirmasi hadir dan akan tiba besok pagi (pagi ini, Red)

BACA JUGA: Villa Masih Berharap Euro 2012

Melihat jumlah mereka yang sudah sampai disini, kami optimistis target minimal 2/3 dari anggota PSSI yang datang bisa terpenuhi," sambung ketua Pengprov PSSI Jogjakarta ini

Dwi mengungkapkan, kehadiran mayoritas anggota PSSI ini menunjukkan bahwa mereka memang menginginkan adanya perubahan dari yang terjadi saat ini"Rapat akbar ini tak lepas dari kondisi kepengurusan PSSI saat ini yang kita tahu tidak lagi berjalan dengan benarKita akan membuat sikap," tegasnya

Sementara itu, acara rapat koordinasi PSSI dengan jajaran Pengrov yang digelar di Hotel Gumaya, Semarang kemarin dikabarkan tidak berjalan maksimalSebab banyak Pengprov yang tidak mengirimkan wakilnya. 

Kepada wartawan di Semarang, Ketua Komisi Disiplin PSSI, Bernhard Limbong menegaskan, pertemuan PSSI dan pengurus Pengprov PSSI di Semarang kemarin hanya sebatas silaturahim"Pertemuan kali ini dihadiri oleh 15 Pengprov, memang acara sifatnya sedikit mendadakTapi meski begitu, banyak juga yang hadir, dan pertemuan kali ini hanya sebatas silaturahim," kata Limbong.

Pernyataan Limbong tersebut membantah kabar yang beredar bahwa pertemuan yang bertajuk "Pertemuan PSSI dan Pengprov Dalam Rangka Penyusunan Program Kerja 2012" tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi PSSI terhadap Rapat Akbar Sepak Bola Nasional di Jakarta hari ini.

Seperti diketahui, Rapat Akbar Sepak Bola Nasional yang juga melibatkan pengprov-pengprov di seluruh Indonesia yang tidak sejalan dengan pemikiran ketua umum PSSI saat ini, Djohar Arifin Husin tersebut akan bermuara kepada Kongres Luar Biasa (KLB) untuk meruntuhkan periode kepemimpinan Djohar Arifin di PSSI

"Tidak ada yang perlu diantisipasi, dan kita juga tidak takut dengan ancaman-ancaman apapun, karena kita adalah federasi yang resmi yang diakui oleh AFC maupun FIFA, jadi tidak perlu antisipasi," sambungnya.

Lebih lanjut, Limbong menegaskan, jika nantinya Rapat Akbar Sepak Bola Nasional memang berujung untuk meruntuhkan rezim Djohar Arifin Husin melalui KLB, PSSI sudah menyiapkan sanksi untuk mereka.

"Tentu kalau pertemuan itu hanya sebatas silaturahim untuk kepentingan-kepentingan mereka saja tidak perlu ada sanksi, tapi kalau berujung pada perpecahan tentu kita akan siapkan sanksi untuk aktor-aktor yang terlibat," tegasnya.

Dalam pertemuan PSSI siang kemarin, meski PSSI mengakui dihadiri oleh 15 Pengprov yang ada di Indonesia, namun jika dilihat dari daftar absensi, tercatat hanya 9 Pengprov yang membukukan tanda tangan.

Selain Bernhard Limbong, beberapa pengurus PSSI seperti Sihar Sitorus, Bob Hippy, Saleh Mukadar dan juga wakil ketua umum PSSI, Farid Rahman juga turut hadir dalam pertemuan selama empat jam tersebut.

Sementara Farid Rahman siang kemarin menambahkan, PSSI tetap akan berpegang teguh kepada keputusan mereka untuk tetap menolak kehadiran pemain-pemain diluar kompetisi mereka untuk bergabung dengan Timnas.

"Tidak ada keinginan PSSI untuk tdak menggunakan pemain di luar kompetisi resmiProblemnya adalah statuta FIFA Pasal 79 yang menyebutkan tentang pelarangan itu, tapi kami tetap akan mencari solusi terbaik ke FIFA maupun AFC untuk memecahkan persoalan ini," tegas Farid(ali/bas/jpnn)

Daftar Undangan Rapat PSSI di Semarang :  
1NAD
2Sumut (Datang)
3Sumbar
4Jambi (Datang)
5Riau
6Kepri
7Sumsel
8Bangka Belitung
9Bengkulu
10Lampung
11Banten (Datang)
12DKI
13Jabar (Datang)
14Jateng
15DIY
16Jatim
17Kalbar (Datang)
18Kalteng (Datang)
19Kaltim
20Kalsel
21Sulut (Datang)
22Gorontalo
23Sulteng
24Sulsel
25Sulbar
26Sulteng
27Bali (Datang)
28NTB (Datang)
29NTT
30Maluku
31Malut
32Papua (Datang)
33Papua Barat


BACA ARTIKEL LAINNYA... Kans Aji Santoso dan Widodo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler