PT PP Mulai Garap Pembangunan IPAL di Palembang

Kamis, 05 November 2020 – 14:08 WIB
PT PP lakukan groundbreaking proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Palembang. Foto dok PT PP

jpnn.com, PALEMBANG - PT PP (Persero) mulai membangun proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Palembang.

Pembangunan tersebut ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking ceremony) atas pembangunan proyek IPAL Palembang yang dilaksanakan pada Rabu (4/10).

BACA JUGA: Cetak SDM Unggul, PT PP Terus Tingkatkan Daya Saing

Dalam acara groundbreaking ceremony tersebut turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, Walikota Palembang Harnojoyo, SVP Divisi Infrastuktur 2 Perseroan Pande Ketut, General Manager McConnell Dowell Nick Mossius.

Groundbreaking ceremony tersebut dilakukan di lokasi proyek dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat bagi para tamu undangan yang hadir dan menerapkan jaga jarak satu sama lainnya.

BACA JUGA: Anji: Jerinx SID Memang Kasar Kata-katanya, Kepala Saya Pernah mau Diinjak

Pelaksanaan acara tersebut juga diselenggarakan secara virtual. Perseroan bersama kontraktor asal Australia, yaitu McConnell Dowell yang terbentuk dalam konsorsium menjadi Kontraktor Pelaksana dalam pembangunan proyek ini.

“Berbekal pengalaman dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan, perseroan telah dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk melaksanakan pembangunan IPAL yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan. Kami akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus dengan menyelesaikan pekerjaan pembangunan proyek ini sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama," ujar Direktur Operasi 2 PT PP M. Toha Fauzi

BACA JUGA: PT PP Menjadi Pioneer dalam Mengimplementasikan BIM di Indonesia  

Sarana IPAL akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 5,8 hektare yang berlokasi di Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni, Palembang.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh Perseroan, antara lain: pekerjaan penggalian, pemancangan, pembetonan, penimbunan & pemadatan, caisson (area WWPS), dsb.

Pembangunan proyek IPAL ini ditargetkan dapat selesai dan beroperasi pada awal tahun 2022 dengan total kapasitas air lebih dari 20 ribu debit per hari.

Pembangunan IPAL ini turut dibiayai dari dana hibah Pemerintah Australia sebesar USD45 Juta, sedangkan untuk distribusi utama akan dibiayai oleh APBN serta sambungan rumah akan dibiayai oleh Pemerintah Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan.

Pembangunan proyek tersebut bertujuan untuk mendukung akses air bersih dan sanitasi rumah tangga di Kota Palembang dan bermanfaat bagi lebih dari 100 juta jiwa atau setara 5% jumlah penduduk Kota Palembang.

Pembangunan IPAL ini merupakan solusi dalam menangani sanitasi limbah rumah tangga dan secara bertahap dapat memperbaiki kondisi lingkungan di Kota Palembang.

Selain dengan air bersih dan sanitasi aman diharapkan pula bisa meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Palembang.

"Sesuai dengan yang diamanatkan oleh Bapak Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, tidak hanya tepat waktu kami juga akan berupaya untuk menyelesaikan pembangunan tersebut dengan tepat mutu dan tepat biaya. Sebagai perusahaan kontraktor BUMN yang berpengalaman dibidangnya, PT PP akan terus mengedepankan safety dan quality di dalam setiap pelaksanaan pembangunan proyek,” tandas Toha.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler