PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti Gelar Seminar SDGs

Rabu, 13 Maret 2019 – 19:10 WIB
PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability mengelar Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Balikpapan. Foto dok PTTEP

jpnn.com, BALIKPAPAN - PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability tahun ini kembali mengadakan Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). 

Seminar pertama di tahun ini diadakan di Balikpapan pada Rabu, (13/3) yang dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi.

BACA JUGA: Roadshow Seminar SDGs di 5 Kota Berakhir di Surabaya

“Seminar luar biasa ini mendapat perhatian dari kami semua, SDG’s penting untuk menjadi sasaran pembangunan kami. Pemerintah telah bekerja keras untuk memastikan pembangunan agar terus berkelanjutan dan memiliki multiplier effect. Tidak mungkin pembangunan bisa terealisasi tanpa dukungan segala pihak, seluruh stakeholders harus bekerja sama untuk membangun iklim positif,” ujar Hadi.

Acara kali ini juga dihadiri oleh Rizal Effendi selaku Wali Kota Balikpapan sebagai Panel Speaker yang turut memeriahkan acara dan membagikan ilmu dan pengalamannya terkait Green Energy dan Pembangunan Berkelanjutan kepada peserta di sesi pertama.

BACA JUGA: Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi Diajak Jaga Aset BUMN

Seminar ini kembali menyatukan akademisi, LSM dan sektor publik dan swasta untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi dan front persatuan untuk mencapai SDGs di Indonesia.

Seminar SDGs merupakan lanjutan dari serangkaian seminar 2018 yang sebelumnya diadakan di lima kota yaitu Jakarta, Makassar, Palembang, Medan dan Surabaya.

BACA JUGA: Pemerintah Diminta Usir LSM Asing yang Beroperasi Ilegal

Menjalin kemitraan ini perlu dibina agar para pemangku kepentingan dapat bersama-sama membantu Indonesia mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Selain seminar, akan diadakan juga lokakarya pada 14 dan 15 Maret 2019 yang bertujuan untuk melatih LSM lokal tentang bagaimana cara terlibat secara profesional dan efektif dalam bermitra dengan sektor swasta dan pemerintah.

Lokakarya ini akan dipimpin oleh instruktur dari Universitas Trisakti MM-Sustainablity.

“Berdasarkan antusiasme yang kami dapatkan dari peserta seminar dan lokarya di lima kota di seluruh Indonesia, kami memutuskan untuk melanjutkan acara ini di empat kota lainnya pada 2019," kata General Affairs Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara.

"Mengingat pentingnya menjaga kemitraan yang berkelanjutan, kami akan mengajak pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk terus bekerjasama membantu pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs," imbuh dia.

Maria Nindita Radyati menambahkan, bahwa inisiatif untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu keberlanjutan sangatlah penting.

"Kami berharap bisa merangkul lebih banyak pemangku kepentingan sehingga terciptanya kemitraan yang berkelanjutan di acara tahun ini. Dengan inisatif ini kami bersama-sama dapat menciptakan dampak positif untuk pembangunan yang berkelanjutan," tandas Afiat.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seminar Nasional SDGs Kembali Digelar di Makassar


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler