Puan: Kondisi Ini Sangat Mengkhawatirkan Bagi Keselamatan Anak-anak

Jumat, 23 Juli 2021 – 20:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani berharap segera ada vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengharapkan vaksinasi untuk anak usia di bawah 12 tahun bisa segera tersedia. Hal itu dinilai penting mengingat banyaknya anak-anak terpapar Covid-19, termasuk varian delta.

Puan bersyukur karena vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 tahun ke atas telah berjalan.

BACA JUGA: Sentil Sri Mulyani, Puan: Pastikan Bantuan Sampai kepada Rakyat, Termasuk di Desa

"Tentu kita berharap ke depan segera ada vaksin untuk anak-anak usia di bawahnya, karena varian Delta ini sudah banyak menginfeksi anak-anak tanpa mengenal usia," ucap Puan terkait peringatan Hari Anak Nasional, Jumat (23/7).

Mengacu data Satgas Covid-19, per hari ini ada 12,8 persen anak Indonesia berusia 0-18 tahun terinfeksi Covid-19. Dengan kata lain, 1 dari 8 orang yang terpapar virus corona adalah anak-anak.

BACA JUGA: Irjen Argo Menanggapi Seruan Demo 24 Juli Menolak PPKM, Kalimatnya Tegas

Sementara itu, sudah 775 (1 persen) anak Indonesia meninggal akibat Covid-19, dengan rincian 0,5 persen usia 0-5 tahun, dan 0,5 persen lainnya usia 5-18 tahun.

“Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi keselamatan anak-anak Indonesia," ujar Puan Maharani.

BACA JUGA: Ssst, Kejaksaan Menghentikan Penyelidikan Korupsi Proyek Ini, Alasannya...

Oleh karena itu, dia berharap segera ada vaksin Covid-19 untuk anak-anak  Indonesia di bawah 12 tahun, terlebih sejumlah negara lain juga sudah memulainya.

Ketua DPP PDIP itu menyebut vaksin untuk anak tidak semata-mata menyangkut soal keselamatan anak, tetapi juga proses belajar anak ketika pembelajaran tatap muka diberlakukan di sekolah.

"Tentu kita tidak mau anak-anak kita di bangku SD (bawah 12 tahun), terkendala belajarnya karena belum ada vaksin untuk mereka," ucapnya.

Mantan Menko PMK itu mengingatkan, selama belum ada vaksin untuk anak-anak  Indonesia di bawah 12 tahun, maka para orang tua harus melindungi buah hatinya dengan meningkatkan imunitas anak dan menjaga protokol kesehatan di lingkungan rumah.

"Sementara ini jangan bawa anak-anak makan di luar atau berkunjung ke keluarga lain. Orang tua juga kalau habis keluar rumah wajib membersihkan diri sebelum memeluk dan mencium anak-anaknya," kata ibu dua anak ini.

Soal vaksinasi anak 12-17 tahun yang sudah berjalan, Puan juga meminta proses tersebut dipercepat agar target vaksinasi 26,7 juta anak remaja bisa selesai akhir 2021 nanti.

BACA JUGA: Polri Gagalkan Peredaran 6 Ton Sabu-sabu, Sahroni: Bandar Narkoba Memanfaatkan Efek Pandemi

“Di sinilah perlu peran orang tua agar turut membawa anak remajanya saat mau divaksin. Kalau orang tuanya sudah duluan divaksin, agar menyempatkan waktu mendampingi anak-anaknya ke tempat vaksin," ajak Puan.

Berdasarkan data Kemenkes per (21/7), dari 26,7 juta sasaran vaksin anak 12-17 tahun, yang mendapat dosis pertama baru 540.018 anak. Sedangkan pada pemberian dosis dua baru 37 anak. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler