Publik Diminta Lihat KPK dan Polri dengan Seimbang

Sabtu, 24 Januari 2015 – 10:28 WIB
SaveKPK. FOTO: ricardo/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Dunia penegakan hukum Indonesia kini diramaikan dengan polemik kasus-kasus yang menjerat calon kapolri Komjen Budi Gunawan dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Atas dua kasus ini, Direktur Ekskutif KPK Watch M Yusuf Sahide meminta publik untuk tetap melihat posisi dua lembaga itu secara seimbang, tanpa tebang pilih.

Publik, kata dia, seharusnya tidak  menyalahkan Polri dalam penangkapan terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (23/1) pagi. Yusuf melihat suatu lembaga hukum tidak mungkin 'menggadaikan' nama institusi untuk balas dendam.

BACA JUGA: Kasus BW Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan

"Saya kira itu kan sudah melalui mekanisme hukum acara yang dilakukan. Jangan berspekulasilah terus," kata Yusuf melalui keterangan pers, Sabtu, (24/1).

Selain itu, kata dia, publik juga tidak bisa menyalahkan KPK yang tiba-tiba menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka. Menurutnya, proses hukum bisa berjalan dan terjadi.

BACA JUGA: Rumah Kepala PPATK Didatangi Brimob Bersenjata

"Saya kira kita harus berprasangka baik dalam proses ini," ungkapnya.

Agar dipandang seimbang dan profesional, sambungnya, kedua lembaga hukum itu juga harus bersikap secara transparan menyelesaikan kasus BG dan BW. Ini, menurutnya, lebih baik untuk menarik kembali kepercayaan.

BACA JUGA: Tim SAR Temukan Masal Korban AirAsia

"Kalau polri yakin ini betul-betul permasalahan hukum silahkan lanjut. KPK juga kalau punya dasar kuat menetapkan BG sebagai tersangka buktikan saja," tandas Yusuf. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indikasi Penyidik Bareskrim Bingung Sendiri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler