Pulang dari Amerika Membawa Penyakit

Jumat, 12 Juni 2020 – 11:19 WIB
Ilustrasi pekerja migran bersiap mengikuti rapid test. Foto: Adrian Suwanto/Radar Bali

jpnn.com, GIANYAR - Kasus positif Corona (Covid-19) di Gianyar, Bali terus bertambah. Setelah seorang dokter dinyatakan terinfeksi, kini ada satu dokter lagi terpapar Covid-19.

Bahkan, data terbaru, total ada lima perawat yang ikut terpapar. Selain tenaga medis, kasus positif Covid-19 juga menimpa kru kapal pesiar asal Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh berinisial IKW, 28.

BACA JUGA: Pasar Cileungsi jadi Klaster Corona, PKL Cuek

Pekerja migran ini terpapar Covid-19 sejak 9 Juni lalu. Awalnya IKW ini berangkat dari Amerika Serikat menggunakan kapal pesiar.

 

BACA JUGA: Daihatsu Sigra Diminati Selama Pandemi Corona

Dia sempat transit di Philipina untuk menurunkan kru Philipina. Kemudian berlabuh di Tanjung Priok Jakarta. Di Jakarta, IKW sempat swab dengan hasil negatif.

Kemudian, IKW bersama sejumlah kru asal Bali pulang via bus. IKW dan temannya tiba di Gilimanuk pada 6 Juni lalu. Kemudian singgah di LPPM Bali di Denpasar. IKW diswab lagi, 9 Juni hasilnya positif Covid.

BACA JUGA: Bapak Tergantung di Kamar Mandi, 2 Anaknya Tewas di Bak Air

“Saat ini yang bersangkuan dikarantina di tempat karantina Propinsi Bali di Asrama BPK Pering, karena yang bersangkutan tidak bergejala,” papar Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar Made Wisnu Wijaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Ida Ayu Cahyani mengatakan, petugas telah terjun menelusuri dari mana pasien terpapar.

Termasuk ke mana saja riwayat perjalanan atau riwayat bepergian pasien. “Kami sudah melakukan tracking (penelusuran, red) semua yang pernah kontak terhadap pasien,” tegasnya. (rb/dra/mus/JPR)

 

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler