Pulihkan Perekonomian di Pulau Komodo, Pemerintah Lakukan Hal ini

Jumat, 18 Juni 2021 – 18:31 WIB
Pemerintah menggelar pertunjukan Rakyat Kesenian Manggarai Barat untuk memulihkan perekonomian. Foto dok Kominfo

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti menuturkan pemerintah telah menempuh berbagai langkah untuk membuat Labuan Bajo kembali ramai. 

Sesuai dengan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional, pemerintah juga menggelontorkan bantuan konkret berupa sembako, BLT, bantuan paket data bagi pelajar, listrik gratis dan suntikan bantuan modal usaha bagi UMKM di Labuan Bajo.

BACA JUGA: KHUSUS DEWASA! 8 Cara Menahan Nafsu untuk Berhubungan Seksual  

“Untuk wilayah pariwisata seperti Labuan Bajo, pemerintah pusat memberikan perhatian khusus. Peluncuran Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Labuan Bajo, juga diselenggarakan pameran virtual, masyarakat dari mana pun bisa membeli produk-produk unggulan Labuan Bajo melalu online,” ujar Niken dalam kegiatan Pertunjukan Seni Rakyat Kesenian Manggarai Barat, Kamis (17/6).

Berkat kegiatan ini, beber Niken maskapai plat merah Garuda menambah jumlah penerbangan dari berbagai wilayah menuju Labuan Bajo.

BACA JUGA: Kominfo Kembangkan Sinyal 5G di 3 Kota Perintis

Tingkat hunian hotel di Labuan Bajo juga terisi penuh beberapa hari kedepan. “Ini semua akan membangkitkan ekonomi di Labuan Bajo,” ujar Niken.

Sementara untuk meyakinkan masyarakat luas bahwa Labuan Bajo sudah bangkit kembali, Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat Paulus Mami mengungkapkan Manggarai Barat telah melakukan vaksin kepada seluruh lapisan warga.

BACA JUGA: Sepakat dengan Jerinx Terkait BCL, Nora Alexandra: Jangan Malah Sibuk Membela Diri

Vaksinasi kata Mami masih terus dilakukan hingga saat ini. Untuk mengantisipasi adanya warga yang terkena dampak Covid-19.

Pemerintah Manggarai Barat juga telah menyiapkan karantina terpadu dan rumah khusus bagi tenaga kesehatan yang terkena  Covid-19.

“Meskipun tantangannya masih ada warga yang percaya vaksin akibat termakan isu hoaks. Kami terus berupaya mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang benar dan jelas tentang vaksinasi. Demi pulihnya seluruh sektor ekonomi di Manggarai Barat,” ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat Salvador Pinto mengatakan pihaknya telah melakukan upaya membangkitkan UMKM yang sempat lesu melalui program padat karya dan berbagai penguatan-penguatan ekonomi lainnya.

Dia membeberkan, sepanjang pandemi Covid-19, perekonomian di Manggarai Barat relatif masih stabil meski dihadapkan dengan sepinya wisatawan yang datang.

“UMKM tetap jalan, kami kembangkan merchant-merchant penjualan secara online. Sehingga produk-produk unggulan Pulau Komodo tetap bisa dibeli oleh semua orang,” ucap Niken.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler