Puluhan Pohon Tumbang, 3 Desa di Cianjur Terasing

Senin, 18 Januari 2021 – 20:51 WIB
Puluhan pohon tumbang di Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, akibat hujan deras disertai puting beliung yang melanda tiga desa, menutup jalan utama tiga desa hingga terisolir, Senin (18/1). Foto: Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Tiga desa di Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Jawa Barat terasing lantaran jalan utama antardesa terputus setelah puluhan pohon berbagai ukuran tumbang.

Pohon-pohon tersebut tumbang setelah hujan deras disertai angin puting beliung melanda wilayah tersebut serta hujan es di dua desa lainnya, Senin (18/1).

BACA JUGA: COVID-19 Merajalela di Cianjur, Ruang Isolasi Penuh, Pasien Terpaksa Mengantre

?Camat Pasirkuda Irvan Rustandi mengatakan robohnya puluhan pohon pinus berbagai ukuran tersebut, setelah hujan deras berlangsung lama, membawa angin puting beliung yang membuat pohon di pinggir jalan tumbang memutus akses utama penghubung tiga desa. 

Lima rumah warga dilaporkan rusak sedang di Desa Girimukti.

BACA JUGA: Pohon Tumbang Timpa Pengendara, Nofanda Pramudya Tewas Mengenaskan

"Puting beliung melanda tiga desa, Girimukti, Girijaya dan Padamulya. Rumah yang rusak di Desa Girimukti akibat tertimpa pohon, pemilik rumah untuk sementara mengungsi ke rumah saudaranya, sedangkan di lokasi lain kami masih melakukan pendataan," katanya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Cianjur untuk menurunkan alat berat guna menyingkirkan pohon yang tumbang karena menggunakan alat manual akan membutuhkan waktu cukup lama, sedangkan akses menuju ketiga desa tersebut, tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat sama sekali.

BACA JUGA: Tiba-Tiba Pohon Tumbang Menimpa Rumah Husen dan Duriah

"Harapan kami ada alat berat untuk menyingkirkan puluhan pohon yang tumbang menutup jalan," katanya.

Ia menambahkan tidak hanya puting beliung, hujan es juga melanda dua desa di Kecamatan Pasirkuda, Desa Girijaya dan Padamulya.

Butiran es sebesar kelereng berhamburan di atas atap rumah warga, namun tidak ada laporan rumah yang rusak akibat hujan es.

"Hujan es melanda dua desa, bersamaan dengan hujan deras dan puting beliung. Tidak ada laporan rumah rusak akibat hujan es," katanya.

Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan, mengatakan, pihaknya telah mengirim petugas dan relawan ke lokasi pohon tumbang yang menutup akses jalan utama penghubung tiga desa di Kecamatan Pasirkuda, berikut mesin pemotong untuk memudahkan proses evakuasi puluhan pohon tumbang.

Hingga malam menjelang, pihaknya masih berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur, untuk menurunkan alat berat guna penanganan cepat membuka kembali jalan yang tertutup pohon berbagai ukuran karena relawan dan warga kesulitan melakukan evakuasi dengan alat manual.

"Kami upayakan dinas terkait dapat menurunkan alat berat, guna memudahkan evakuasi pohon tumbang yang jumlahnya mencapai puluhan buah, harapan kami desa yang terisolir dapat dibuka kembali dalam waktu cepat," katanya. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler