Punya Kapasitas dan Kompetensi, Mahfud MD Diyakini Tampil Maksimal di Debat Cawapres

Jumat, 22 Desember 2023 – 09:39 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo - Mahfud Md (TPN Ganjar - Mahfud) meyakini cawapres jagonya untuk Pilpres 2024 sudah siap menjalani debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22/12/2023).

Keyakinan itu didasari fakta tentang Mahfud sebagai tokoh yang memiliki kapasitas dan kompetensi.

BACA JUGA: Mahfud Kunjungi Kampung Kurang Diperhatikan, Bakar Ikan Bersama Nelayan

Salah satu juru bicara TPN Ganjar-Mahfud, Michael Sianipar, menyebut mahaguru hukum tata negara itu sarat dengan pengalaman panjang di eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Persiapan sesungguhnya ialah pengalaman. Prof Mahfud akan menunjukkan pengalaman dan jam terbang, itu enggak bohong,” kata Michael.

BACA JUGA: Janji Ganjar-Mahfud untuk Generasi Muda: Beli Rumah Bakal Semudah Beli Motor

Tak banyak tokoh yang kiprahnya seperti Mahfud. Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 itu pernah menjadi anggota DPR.

Ketika Presiden K.H. Abdurrahman Wahid memimpin pemerintahan, Mahfud dipercaya sebagai menteri pertahanan.

BACA JUGA: Persiapan Debat Cawapres, Mahfud MD Sudah Dapat Arahan dari Tim Andi Widjajanto

Mahfud juga pernah menjadi hakim Mahkamah Konstitusi. Puncak kariernya di lembaga yudikatif ialah menjadi ketua di lembaga yang mengadili sengketa pilkada dan gugatan atas undang-undang tersebut.

Menurut Michael, pengalaman itu jadi modal lebih bagi Mahfud. Selain itu, tokoh asal Madura itu juga dikenal sebagai sosok berintegritas.

“Beliau punya pengalaman yang panjang. Integritasnya selama ini juga tidak ada yang meragukan. Jadi, kami akan tunjukkan kapasitas berdasarkan pegalaman beliau,” kata Michael.

Lebih lanjut Michael mengungkit proses penunjukan Mahfud menjadi cawapres. Menurut Michael, keputusan tentang penunjukan Mahfud sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024 itu benar-benar melalui deliberasi.

“Pasangan capres-cawapres yang paling dipersiapkan sebaik mungkin adalah Ganjar-Mahfud. Jadi, kita akan melihat dua orang yang saling melengkapi,” ujar dia.

KPU akan menggelar debat antarcawapres pada Jumat (22/12/2023) malam. Mahfud merupakan cawapres pendamping Ganjar yang didukung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi juga meyakini Mahfud sangat siap. Awi -panggilan akrab Baidowi- mengungkapkan Tim Pakar TPN telah membekali Mahfud dengan berbagai materi, khususnya soal ekonomi.

Oleh karena itu, Awi tidak khawatir dengan penampilan Mahfud dalam debat  malam nanti. Selain itu, Mahfud juga sudah sering menghadapi debat.

“Untuk debat bagi Pak Mahfud itu hal yang biasa, tidak perlu ada yang dikhawatirkan," ujar Baidowi.(flo/jpnn.com)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hati-hati! Ganjar-Mahfud Bakal Menjadi Peluru Tak Terkendali Melibas Pelaku Korupsi


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler