Punya Kendala Absensi Karyawan? Silakan Coba Aplikasi Ini, Banyak Fitur & Keunggulannya

Kamis, 29 September 2022 – 03:00 WIB
Absen mobile memiliki banyak fitur dan keunggulannya. Foto: tangkapan layar situs Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Absen Mobile bisa menjadi solusi masalah bagi perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup banyak maupun sistem bekerja dari rumah atau freelance.

Data absensi karyawan akan menjadi salah satu komponen yang diperhitungkan dalam gaji bulanan.

BACA JUGA: Mengenal Manfaat Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan

Jumlah absensi yang dilakukan setiap karyawan tentunya akan berpengaruh pada penggajiannya.

Setiap perusahaan mempunyai penerapan aturan absensinya tersendiri untuk karyawan yang bekerja di dalamnya.

BACA JUGA: Simak Paparan Lengkap soal Aplikasi Manajemen Absensi Online

Hal ini berguna untuk memudahkan perekapan absensi sekaligus bentuk tanggung jawab dan kedisiplinan karyawan kepada perusahaan.

Bila perusahaan masih berskala kecil hingga menengah tentunya masalah absensi masih dapat dihandel meskipun secara manual.

BACA JUGA: Ini Manfaat Absensi Android dalam Penggajian dan Pembuatan Laporan Slip Gaji Karyawan

Namun, bila perusahaan sudah mempunyai banyak karyawan, terlebih lagi dengan aktivitas pekerjaan yang dinamis maka absen mobile bisa menjadi solusinya.
 
Meski begitu bukan berarti perusahaan dengan karyawan yang belum cukup banyak tidak dapat mengimplementasikan absen mobile pula.

Sebab, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengaplikasikan sistem absensi ini.

Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat membuat pencatatan absensi karyawan dapat dilakukan secara digital menggunakan alat elektronik.

Dengan sistem ini karyawan tidak perlu repot lagi untuk memberikan tanda tangan pada kertas absensi untuk melakukan absensi.

Penggunaan alat seperti fingerprint akan sangat memudahkan karyawan dalam melakukan absensi karena cukup menempelkan jarinya saja pada mesin absen.

Mesin fingerprint kemudian akan merekam data kehadiran karyawan secara otomatis.

Selain itu, mesin ini dapat meminimalkan kecurangan karena karyawan tidak dapat melakukan titip absen sebab absensi memerlukan sidik jari karyawan itu sendiri.

Yang terbaru kini telah muncul sistem absen mobile yang bisa dilakukan melalui handphone dari mana saja via online.

Keunggulan Sistem Absen Mobile

Seperti yang sudah disebutkan bahwa sistem absen mobile merupakan sistem absensi terbaru.

Sistem ini mempunyai beberapa keunggulannya tersendiri dibandingkan dengan sistem absensi yang lebih lama.

Sistem absen mobile sendiri kini banyak diaplikasikan di banyak perusahaan karena sistem ini dapat diintegrasikan dengan berbagai macam sistem lain dalam perusahaan.

Sistem yang dapat terintegrasi secara langsung dengan sistem absensi mobile adalah sistem payroll atau penggajian.

Dengan integrasi ini, perusahaan dapat memperhitungkan gaji dengan mudah karena semua data kehadiran, cuti, lembur, sakit hingga izin dapat disinkronkan secara otomatis.

Keunggulan lain yang akan diberikan oleh sistem absensi yang satu ini adalah pencatatan data absensi yang lebih akurat.

Pencatatan berbagai data absensi akan dilakukan secara otomatis dan real-time melalui aplikasi maupun software khusus. Hal ini akan meminimalisir bahkan menghindari human error yang kerap terjadi.

Penggunaan sistem absen mobile sendiri juga akan membuat proses absensi karyawan akan lebih efisien karena dapat menghemat banyak waktu.

Absensi tidak perlu dilakukan pada mesin absensi seperti pada umumnya, karyawan bisa melakukan absensi melalui handphonenya.

Sistem absensi yang menggunakan alat seperti fingerprint tentunya akan membutuhkan instalasi serta perawatan.
 
Apabila perawatan tidak dilakukan dengan benar maka mesin tersebut bisa cepat rusak yang artinya akan ada biaya perbaikan maupun pembelian baru.

Namun, hal ini dapat dihindarkan bila perusahaan menggunakan sistem absensi online seperti sistem absen mobile.

Fitur Utama Sistem Mekari Absen Mobile

Bila membahas tentang sistem absen mobile salah satu aplikasi absensi terbaik bisa Anda dapatkan di Mekari. Aplikasi Mekari Absen Mobile mempunyai berbagai fitur utama yang menjadi unggulannya, ikut beberapa fitur unggulan tersebut:

1. Fitur Live Attendance

Aplikasi absensi online dari Mekari ini mempunyai fitur live attendance yang mengharuskan karyawan melakukan absensi dengan cara foto selfie.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi GPS tracker yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui lokasi asli karyawan dalam melakukan absensi.

2. Fitur Time Off

Fitur yang satu ini mempunyai fungsi untuk melakukan pencatatan absensi guna memudahkan proses rekapitulasi data absensi.

Selain itu fitur ini juga dapat digunakan karyawan untuk mengajukan cuti dan izin. Pengoperasian fitur time off juga terbilang sangat mudah dan praktis.

3. Fitur Payroll

Selanjutnya aplikasi Mekari Absen Mobile juga dapat diintegrasikan dengan sistem payroll.

Pengintegrasian ini memudahkan penghitungan gaji karyawan karena berbagai data kehadiran telah tercatat dengan rapi dan akurat serta telah terintegrasi.

4. Fitur Break Time

Selanjutnya ada fitur break time yang dapat memudahkan perusahaan dalam memantau waktu istirahat yang digunakan karyawannya.

Perusahaan dapat memastikan tingkat produktivitas setiap karyawannya dengan akurat.

5. Fitur Pay Slip

Selain digunakan untuk masalah absensi, aplikasi ini juga mempunyai fitur pay slip yang memudahkan karyawan dalam melihat slip gajinya masing-masing.

Sistem absensi telah terintegrasi langsung dengan sistem payroll sehingga setiap karyawan bisa melihat sendiri slip gajinya.

6. Terintegrasi dengan Mesin Fingerprint

Perusahaan yang masih menggunakan mesin fingerprint juga tetap dapat menggunakan aplikasi Mekari Absen Mobile.

Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan data yang tercatat dalam mesin fingerprint. Hal ini tentunya akan memudahkan dalam rekapitulasi maupun sinkronisasi data.

Untuk Anda yang ingin mengetahui info aplikasi ini lebih lengkap bisa dilihat di Mekari absen mobile.

Mekari sendiri merupakan pengembang aplikasi dan software khusus untuk bisnis perusahaan yang mengefisienkan proses didalamnya.

Dapatkan pula dukungan dari tim ahli dan berpengalaman dari Mekari serta dapatkan pula video demo dan fitur trialnya secara gratis. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler