Pupuk Kaltim Mulai Bangun Kawasan Industri di Fakfak Papua Barat

Rabu, 11 Januari 2023 – 19:39 WIB
Pupuk Kaltim. Foto dok Pupuk Kaltim

jpnn.com, PAPUA BARAT - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memulai penetapan proyek pembangunan kawasan industri pupuk di Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Hal ini ditandai kick off ceremony oleh jajaran direksi bersama dewan komisaris Pupuk Kaltim, Selasa (10/1) malam.

BACA JUGA: Komitmen Tingkatkan Implementasi K3, PT Pupuk Kalimantan Timur Raih 2 Penghargaan dari Kemnaker

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, mengungkapkan proyek kawasan industri pupuk di Kabupaten Fakfak Papua Barat, telah ditetapkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Perekonomian sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini pun dikuatkan dengan surat penugasan Pupuk Indonesia, yang menunjuk langsung Pupuk Kaltim untuk segera merealisasikan pembangunan proyek tersebut.

BACA JUGA: Pemuda & Mahasiswa Pendukung Ganjar Beri Alat Musik kepada Milenial di Duren Sawit

"Pupuk Kaltim siap melaksanakan tugas ini sebagai amanah negara yang akan direalisasikan secara sungguh-sungguh, guna mendukung kedaulatan pangan nasional dan perekonomian bangsa," ujar Rahmad.

Seiring ditetapkan sebagai PSN, proyek kawasan industri pupuk Fakfak sangat didukung oleh pemerintah pusat, karena memiliki dampak positif yang sangat besar terhadap pembangunan dan perekonomian bangsa.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Berkomitmen Wujudkan Lingkungan Kerja Tanpa Pelecehan & Kekerasan

Realisasi proyek didorong segera terlaksana sehingga misi pembangunan daerah juga terlaksana.

Pupuk Kaltim memastikan untuk menjalankan tahap pembangunan pabrik secara maksimal.

Proyek pembangunan kawasan industri di Fakfak Papua Barat merupakan salah satu pengembangan di fase kedua pertumbuhan perusahaan, yang ditarget mampu terealisasi dalam lima tahun ke depan.

"Pembangunan kawasan industri pupuk di Fakfak ini menjadi progam emas dalam menyongsong 50 tahun Pupuk Kaltim. InsyaAllah, pada HUT Ke-50 nanti, pengantongan perdana Urea di kawasan industri ini bisa terealisasi," kata Rahmad Pribadi.

"Jika pembangunan pabrik di Papua Barat terealisasi, maka Pupuk Kaltim telah on the right track menuju perusahaan petrokimia berbasis gas alam terbesar di Asia Pasifik. Dua modal ini yang menjadi landasan utama Pupuk Kaltim untuk bisa mengarungi berbagai tantangan dan menangkap peluang yang ada," terang Rahmad.

Dewan Komisaris Pupuk Kaltim Gustaaf AC Patty, menuturkan ditetapkannya proyek kawasan industri pupuk di Fakfak Papua Barat sebagai PSN oleh Pemerintah Pusat, menjadi kebanggaan.

"Ini akan menjadi bagian sejarah baru dalam perjalanan Pupuk Kaltim. Untuk itu, kita semua harus menjadi pejuang yang secara bersama mampu menorehkan sejarah tersebut dalam pertumbuhan Pupuk Kaltim ke depan dan untuk Indonesia yang lebih maju dan berdaya," seru Gustaaf.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler