Pusing Saat Haid? Ketahui Penyebabnya

Sabtu, 02 Februari 2019 – 11:07 WIB
Sakit kepala. ILUSTRASI. Foto: Virginmediatelevision

jpnn.com - Sering kali, istilah pusing dan sakit kepala digunakan untuk menggambarkan keluhan yang sama padahal ada perbedaan di antara keduanya.

Pusing umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sensasi kehilangan keseimbangan atau kepala terasa berputar. Kedua kondisi ini sama-sama dapat dirasakan oleh wanita yang sedang haid. Pusing saat haid bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari seorang wanita.

BACA JUGA: Kiat Aman Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya keluhan pusing saat haid. Berikut empat penyebab pusing saat sedang haid:

1. Hormon prostaglandin

BACA JUGA: Inilah Waktu yang Ideal Mengatur Kehamilan bagi Wanita di Atas 30 Tahun

Adanya lonjakan jumlah hormon prostaglandin menjelang masa haid. Hormon ini juga berkaitan dengan berbagai keluhan haid lainnya, seperti kram perut, sakit kepala, mual, dan sebagainya. Selain itu, perubahan hormon reproduksi wanita (progesteron dan estrogen) semasa haid juga dapat menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala.

2. Kehilangan banyak darah

BACA JUGA: Ini 8 Pemicu Sakit Kepala yang Tak Pernah Anda Duga

Kehilangan banyak darah selama masa haid bisa menimbulkan anemia defisiensi besi. Keadaan ini juga dapat memicu munculnya keluhan pusing.

3. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B12, B6, C, dan D dapat menimbulkan keluhan pusing serta mual semasa haid.

4. Malas makan

Berbagai keluhan yang terjadi saat haid, misalnya nyeri haid, bisa membuat Anda malas makan. Akibatnya, kadar gula darah menjadi rendah atau yang dikenal dengan hipoglikemia. Pusing sendiri merupakan gejala yang dapat muncul akibat hipoglikemia.

Penyebab pusing saat haid memang cukup beragam. Untuk dapat mengatasi keluhan ini secara tuntas, ada baiknya digali penyebab di balik pusing tersebut. Namun, secara umum ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.(RS/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspada, Peran Ganda pada Wanita Picu Depresi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
haid   pusing   Datang bulan   Wanita  

Terpopuler