Puting Beliung Hanya 10 Menit, Rusak 78 Rumah

Jumat, 11 Januari 2019 – 13:25 WIB
Puting beliung. Foto: JPG

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Puting beliung yang menerjang Desa Penjor, Tulungagung, Jatim pukul 18.00 hanya terjadi sekitar sepuluh menit. Tapi, dampaknya mengakibatkan 78 rumah porak-poranda.

Tiga dusun di desa setempat tersapu angin puting beliung. Yakni, Dusun Pabyongan, Selogiri, dan Krajan. Selain rumah rusak, empat kandang sapi rata dengan tanah.

BACA JUGA: Angin Kencang dan Potensi Puting Beliung Sampai Februari

Petaka itu diawali angin disertai hujan. Tak lama kemudian, angin semakin besar. Tidak ada sepuluh menit berlalu, atap rumah milik warga berhamburan dan terlepas.

''Atap rumah milik warga langsung beterbangan setelah dilalui angin puting beliung, seperti asbes dan genting,'' jelas Kepala Desa Penjor Tarno.

BACA JUGA: Korban Puting Beliung Keluhkan Bantuan Pemkot

Dia mengaku sudah banyak rumah yang diperbaiki setelah bencana terjadi. Memang, lanjut Tarno, ada rumah yang belum diperbaki karena mengalami rusak parah.

Sementara itu, empat kandang sapi yang rata dengan tanah termasuk terparah jika dibandingkan dengan kerusakan lain.

BACA JUGA: Puluhan Rumah di Desa Purwa Agung Dihantam Puting Beliung

Dari kerusakan itu, tidak ada ternak yang terluka parah. Hanya luka di kaki. ''Tidak ada hewan ternak yang mati akibat kandang ambruk,'' ungkapnya.

Tarno menambahkan, saat terjadi puting beliung, kondisi lampu padam. Warga sekitar pun panik.

''Sampai sekarang ini (kemarin, Red) sekitar pukul 16.10, lampu belum menyala. Pihak PLN sudah mengecek karena ada beberapa kabel tertimpa pohon,'' jelasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung dan beberapa instansi terkait sudah melakukan pendataan.

''Sudah didata. Kami juga mengadakan kerja bakti,'' ungkapnya.

Humas Polsek Pagerwojo Aiptu Sonny Singgih menyatakan, setelah mendapatkan laporan dari warga Penjor ada puting beliung, pihaknya langsung meluncur ke tempat lokasi untuk mengecek dan memberikan bantuan.

Dari puluhan rumah warga yang rusak, mayoritas terjadi pada bagian atap karena terjangan angin kencang. ''Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka,'' ungkapnya. (yon/din/c22/diq/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alhamdulilah, Nenek dan 3 Cucu Selamat dari Puting Beliung


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler