Putu Rudana & Fadli Zon Siap Berkolaborasi Memajukan Perkerisan Indonesia

Kamis, 24 Maret 2022 – 09:40 WIB
Ketua BKSAP DPR RI sekaligus Ketua Umum SNKI Fadli Zon dan Putu Rudana di Museum Rudana, Bali. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, UBUD - Ketua Umum Serikat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Fadli Zon menyambangi Museum Rudana di sela-sela Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) 144 di Ubud pada Rabu (23/3).

Dalam kunjungan itu, Fadli Zon menerima cendera mata berupa keris Bali dari pengurus SNKI di Pulau Dewata.

BACA JUGA: Gaungkan Hari Nyepi di Sidang IPU, Putu Rudana: Ini Solusi Menjawab Perubahan Iklim

“Saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat saya, Bli Putu Supadma Rudana yang menyediakan tempat yang luar biasa ini. Museum Rudana, tempat karya-karya hebat para maestro," ucap Fadli Zon.

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI itu pun mengungkap upayanya dalam melestarikan budaya keris, bahkan ke berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA: Suharso Pernah Dipuji SBY saat Mundur dari Menpera, Kini Gugat Cerai Istri Kedua

Salah satunya, Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 itu selalu memberikan cendera mata keris kepada para ketua parlemen maupun delegasi anggota parlemen dari berbagai negara.

“Saya kira dahulu yang memulai itu mungkin Bung Karno (Presiden Soekarno, red), memberikan keris kepada tokoh-tokoh bangsa lain," ucapnya.

BACA JUGA: Kontroversi Nurhayati, Pernah Didemo Ojol, Kini Digugat Cerai Suharso Monoarfa

Politikus berdarah Minang itu juga menyampaikan bahwa SNKI saat ini sudah lebih maju karena telah disetujui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai profesi dan sudah membentuk LSP atau Lembaga Sertifikasi Perkerisan.

Dengan demikian, Fadli mengatakan para seniman yang bergerak di bidang perkerisan nantinya bisa menjadi profesi. Apalagi, di Bali banyak sekali sekali tokoh perkerisan.

"Mudah-mudahan kita bisa bersinergi untuk kembangkan keris, termasuk keris Bali," ujar Fadli.

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana menyebut Fadli Zon memang selalu membawa misi kebudayaan kebudayaan Indonesia di berbagai forum internasional, termasuk budaya keris.

"Jadi, di mana pun, siapa pun, kapan pun, tokoh dunia yang beliau temui itu selalu cendera matanya keris," ungkap pimpinan Museum Rudana itu.

Anggota DPR RI asal Bali itu pun siap berkolaborasi dengan Fadli Zon yang sudah memiliki banyak koleksi keris di perpustakaannya, baik Jakarta, Bogor, dan Sumatera Barat.

BACA JUGA: Fadli Zon Mengajak Parlemen Dunia Membuat Resolusi Objektif atas Konflik di Ukraina

Putu Rudana pun menyebut Museum Rudana siap bekerja sama dengan Fadli Zon untuk menggaungkan keluhuran keris Indonesia ke seluruh penjuru dunia.

“Suatu saat kalau waktunya sudah tiba, saya mengajak bapak untuk membangun sebuah museum. Mari bersinergi untuk memajukan perkerisan Indonesia,” ucap Putu Rudana. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler