PWI Pusat Berikan Apresiasi Gelaran PON XX Papua 2021

Kamis, 14 Oktober 2021 – 16:45 WIB
Virtual meeting dengan Menpora RI, Zainudin Amali bersama para wartawan bertajuk "Evaluasi Pelaksanaan PON XX Papua 2021", Kamis (14/10). Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat Atal Sembiring Depari memberikan apresiasi terhadap lancarnya gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Sejak dibuka pada 2 Oktober lalu, hingga menjelang acara penutupan, pelaksanaan PON berjalan aman dan lancar.

BACA JUGA: Sepak Bola PON Papua: Gol Faisol Yunus di Masa Extra Time Antar Jatim Bekuk Kaltim

"PON XX Papua sukses luar biasa. Sampai hari ini, PON berjalan dengan lancar. Meskipun ada kekurangan di sana sini, itu relatif kecil dan sudah dievaluasi dan diatasi KONI Pusat dengan PB PON," kata Atal dalam rilis yang diterima jpnn.com.

Ajang PON XX Papua 2021 juga memecahkan banyak rekor nasional maupun dunia. Tidak heran persaingan antar provinsi terbilang ketat.

BACA JUGA: PON XX Papua Mungkin Pengabdian Terakhir Atlet Selam Terbaik Jawa Timur

Satu hari menjelang penutup PON XX Papua 2021, tercatat 32 provinsi sudah meraih medali emas.

"Pertandingan-pertandingan ini saya monitor, semua berjalan lancar. Bahkan ada yang berhasil memecahkan rekor PON, nasional, Asia bahkan dunia. Saya kemarin dapat informasi, ada pecah rekor dunia dari cabang olahraga panjat tebing, itu sangat luar biasa," pungkas Atal.

BACA JUGA: Final Sepak Bola PON XX Papua: Bomber Tuan Rumah Dekati Rekor Boaz Solossa

Dari segi keamanan, PON XX Papua 2021 berjalan dengan aman dan kondusif. Meski sebelumnya banyak keraguan dari berbagai pihak, penyelenggaraan bisa berlangsung dengan lancar.

Penonton yang datang ke sejumlah venue juga menunjukkan bahwa event PON XX Papua sangat bergairah. Meski di tengah pandemi, mereka masih mau mendukung dan menyaksikan pertandingan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Selama beberapa hari di Papua, saya merasakan gairah masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan pertandingan. Itu sangat luar biasa," tambah Atal.

Adanya PON XX Papua juga membawa dampak positif bagi perekonomian setempat. Usaha kecil dan menengah bisa berputar, itu sangat bagus untuk perkembangan ekonomi di Bumi Cenderawasih.

Walau sempat ada berita muncul penyebaran Covid-19 di sekitar event PON XX Papua, Atal menyambut baik respons dari panitia penyelenggara yang bergerak cepat untuk melakukan tracing dan isolasi mandiri.

“Papua semula diragukan bisa menyelenggarakan ajang PON ini. Namun, kini terbukti semuanya berlangsung dengan lancar dan sukses.”

“Masalah protokol kesehatan di sini juga sangat baik. Saya berani mengatakan ini luar biasa sukses, di luar dugaan kami semua," jelasnya

Keberhasilan penyelenggaraan PON XX Papua menurut Menpora Zainudin Amali adalah berkat kerja sama semua pihak. Mulai dari Pemerintah Provinsi Papua, Kepolisian, TNI, serta beberapa pihak lainnya.

“Kami gotong-royong sehingga ini bisa sukses, sekaligus memupus kekhawatiran orang selama ini yang muncul terkait pelaksanaan PON."

“Saya berharap selain sukses prestasi, ajang PON XX Papua juga sukses pelaksanaan, sukses ekonomi, dan sukses penerapan protokol kesehatan,” ujar Menpora Amali.

Hari ini, Kamis (14/10), merupakan penyelenggaraan terakhir PON XX Papua 2021. Tersisa 32 medali emas yang akan diperebutkan oleh 34 provinsi.

Rencananya besok, Jumat (15/10), event PON XX Papua 2021 akan secara resmi ditutup oleh wakil presiden KH Ma’ruf Amin.(kemenpora/mcr16/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler