Anjing-anjing yang mendapat pelatihan di Queensland, Australia, ternyata mendapat banyak minat dari mancanegara karena mereka sangat membantu para tunanetra dalam kehidupan sehari-hari.


Anak anjing ini baru berusia 17 minggu yang dikirim ke Jepang untuk dilatih menjadi pemandu tunanetra di Jepang. (Supplied: Queensland Guide Dogs)

BACA JUGA: Buat Akun FB Palsu, Mahasiswa Asal Indonesia Mulai Diadili di Canberra

 

Guide Dogs Queensland baru-baru ini mengirim empat ekor anjing ke Jepang setelah organisasi tersebut mendapat bantuan dana.

BACA JUGA: Seorang Menteri Bawa Bayinya Saat Pelantikan Kabinet Baru Australia

Guide Dogs Queensland ambil bagian setelah badan serupa di Jepang, the Japan Services Association, tidak memiliki dana cukup guna menyediakan anjing bagi para tunanetra.

Direktue Eksekutif Guide Dogs Queensland Barb Tasker mengatakan minat dari Jepang itu muncul setelah perwakilan mereka dari Jepang mengunjungi markas besar di Brisbane.

BACA JUGA: ACICIS Ingin Perbanyak Pejabat Australia yang Paham Indonesia

"Kami mengajukan permintaan bantuan dari Australian Japan Foundation guna membantu mitra kami di luar negeri." kata Tasker.


CEO Guide Dogs Queensland Barb Tasker, Presiden Australia Japan Foundation Murray McLean dan Konsul Jepang Shusaku Hirashima. (Supplied: Guide Dogs Queensland)
 

 

"Kami beruntung mendapatkan dana $ 17 ribu (sekitar Rp 170 juta) yang diigunakan untuk membesarkan dan mengirim anjing-anjing itu ke Jepang." katanya.

Sebelumnya Jepang sudah mendatangkan anjing pemandu dari Hawaii, Selandia Baru dan dari tempat lain di Australia.

Anjing-anjing ini dikirim ke Jepang ketika baru berusia mingguan, dan dilatih di sana sebelum kemudian ditempatkan bersama para tunanetra yang memerlukannya.


Konsul Jepang Shusaku Hirashima bersama dengan salah seekor anjing yang baru dilatih. (Supplied: Queensland Guide Dogs)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gedung Parlemen di Canberra Buka Pintu Bagi Pengunjung Umum

Berita Terkait