Rachel Maryam Sebut Gita Memang Pantas Mundur

Jumat, 31 Januari 2014 – 15:31 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Rachel Maryam mengapresiasi keputusan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mundur dari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Anggota dewan yang bermitra dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) itu menilai, keputusan mundur itu menandakan Gita tidak memaksakan diri untuk melakukan tugas negara dan aktivitas politik sekaligus.

"Setidaknya beliau bisa mengukur kapasitas dirinya secara obyektif. Tidak ngoyo ingin total memberikan perhatiannya pada konvensi yang bisa jadi membuat turunnya kinerja beliau sebagai menteri," kata Rachel saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (31/1).

BACA JUGA: Dianggap Pencitraan, Mundurnya Gita Bukan Hal Istimewa

Apalagi, sambung Rachel, selama ini prestasi Gita selaku menteri perdagangan belum maksimal. Pasalnya, beberapa kasus kelangkaan barang terjadi saat masa kepemimpinan Gita di Kemendag. Belum lagi dengan kasus kenaikan harga sejumlah komoditas bahan pokok.

"Selama masa jabatan Pak Gita kemarin kan juga kita beberapa kali mengalami masalah kelangkaan barang dan kenaikan harga barang. Ini kan tentunya menjadi catatan-catatan khusus mengenai rapor kerja Pak Gita," ujar anggota dewan yang pernah berkarir sebagai model itu.

BACA JUGA: Harapkan Anggoro Buka Testimoni Antasari soal Mafia di KPK

Maka apabila Gita membagi konsentrasi dengan kegiatan konvensi, kinerjanya di Kementerian Perdagangan dikhawatirkan memburuk. Oleh karenanya, Rachel pun mendukung keputusan Gita untuk mundur.

"Dikhawatirkan apabila beliau membagi pikiran dan energinya dengan konvensi bisa jadi membebani. Jadi sudah tepat langkahnya untuk mundur," tandasnya.

BACA JUGA: Gantikan Gita, Wamendag Bayu Tunggu Perintah SBY

Seperti diberitakan, Gita Wirjawan resmi melepas jabatannya sebagai menteri perdagangan terhitung mulai 1 Februari 2014. Keputusan mundur tersebut telah disetujui oleh Presiden SBY. Adapun alasan Gita mundur karena ingin fokus dengan keikutsertaannya dalam konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wamendag Bantah Gita Mundur Karena Beras Vietnam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler