Gantikan Gita, Wamendag Bayu Tunggu Perintah SBY

Jumat, 31 Januari 2014 – 14:45 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kursi menteri perdagangan kosong setelah ditinggalkan oleh Gita Wirjawan. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi tidak mau berspekulasi soal kemungkinan dirinya maju menjadi pucuk pimpinan di Kemendag.

Soal pengganti Gita, orang nomor dua di Kemendag itu menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

BACA JUGA: Wamendag Bantah Gita Mundur Karena Beras Vietnam

"Beliau (Gita) kembalikan mandat menteri perdagangan ke Presiden. Seterusnya kita tunggu nanti keputusan Presiden seperti apa dan apa yang kaitannya dengan Kementerian Perdagangan," kata Bayu kepada wartawan di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (31/1).

Bayu memastikan bahwa sistem di Kemendag tidak akan terganggu meski ditinggal oleh Gita. Kebijakan yang dibuat oleh Gita akan tetap dilanjutkan oleh Kemendag.

BACA JUGA: Takut Terendam Banjir, Mobil Wawan di KPK Dipindahkan ke Lobi

Lebih lanjut Bayu menilai, kepemimpinan Gita di Kemendag selama ini sangat baik. Menurutnya, kebijakan yang diterbitkan oleh lulusan Univeristas Harvard Amerika Serikat itu berpihak kepada kepentingan rakyat.

"Saya rasa sangat baik, seperti yang beliau sampaikan di WTO, Permendag 70. Saya kira cukup banyak kebijakan-kebijakan yang cukup fundamental dilihat untuk kepentingan rakyat," ujar Bayu.

BACA JUGA: Demokrat Puji Keputusan Gita

Gita Wirjawan resmi melepas jabatannya sebagai menteri perdagangan terhitung mulai 1 Februari 2014. Keputusan mundur tersebut telah disetujui oleh Presiden SBY. Adapun alasan mundur, Gita ingin fokus dengan keikutsertaannya dalam konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Airin Bawa Putri Bungsu Jenguk Wawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler