Radiasi Nuklir Hantui Pembalap

Rabu, 05 Oktober 2011 – 08:40 WIB
Casey Stoner. Foto: MCNews.com.AU

TOKYO - Gelaran balapan MotoGP Jepang nyaris tak terselenggara akibat kekhawatiran radiasi nuklirSempat mundur dari jadwal yang seharusnya berlangsung April, balapan berlangsung sukses pekan lalu

BACA JUGA: Nerazzurri Panen Sanksi

Namun, kekhawatiran akan radiasi nuklir masih ada selepas balapan yang dimenangkan Dani Pedrosa itu.

Gempa bumi disusul tsunami yang melanda Jepang Maret lalu turut membuat kerusakan di reaktor nuklir Fukushima
Dari sejak itu, kekhawatiran adanya radiasi nuklir pun lahir

BACA JUGA: Gomes Mundur, Freddy Menguat

Spekulasi pembatalan muncul
Apalagi sejumlah pembalap papan atas turut melontarkan keengganan tampil di Sirkuit Motegi.

Balapan memang tetap digelar

BACA JUGA: Ferrari Bantah Ada Niat Jahat

Namun, efek radiasi yang tidak langsung terasa dalam waktu dekat tetap membuat pembalap risau.

"Sebelum datang ke sini, tiap orang sedikit takut dan bertanya-tanya bagaimana yang terjadi di sini, seputar makan dan semuanyaSesampai di sini, saya terkejutSemua berjalan dengan baik dan tampil di sini adalah hal yang benar," kata Pedrosa.

Tapi, hal lain disuarakan pembalap Yamaha Jorge LorenzoSejak awal dia memang cukup lantang menyuarakan kekhawatirannya tentang efek negatif balapan di JepangDia tak membantah jika masih khawatir dengan masa depannya, terutama akibat paparan radiasi.

"Saat ini kami baik-baik sajaMari kita lihat bagaimana dalam beberapa tahun ke depan...." ujar Lorenzo seperti dikutip Autosport"Tapi saat ini semuanya baik-baik saja dan situsinya terlihat baik, tak ada radiasi, semuanya baik,"tegasnya.

Tidak mau kekhawatirannya itu disalahartikan, sang juara bertahan lantas menegaskan kalau dirinya sama sekali tidak memiliki masalah dengan Jepang atau masyarakatnya secara pribadiTapi, sesampai di jepang dia memang sangat berhati-hati, termasuk selalu mandi dengan air kemasan.

"Pandangan saya terhadap Jepang selalu amat sangat baikSaya cinta Jepang, cinta makanannya, cinta para fansnyaMereka selalu menghormati para pembalap dan amat sangat senang," terangnya.

Pembalap Honda lainnya Casey Stoner yang tengah memuncaki klasemen sementara MotoGP dapat memahami kekhawatiran rival beratnya tersebut, karena efek radiasi tidak otomatis terlihat dengan mudah.

"Kita bisa melihat bahwa semuanya baik-baik saja dan terlihat normalTapi Anda tidak bisa melihat hal-hal seperti ini, itu tidak mudah terlihatTapi yang pasti, kunjungan kami ke sini berjalan normal seperti di masa lalu dan tahun depan akan jadi lebih jelas," kata Stoner(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yang Penting Lolos Dulu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler